Tempat Ini Melayani Cuci Motor Tanpa Sentuh, Emang Bisa?

Tempat Ini Melayani Cuci Motor Tanpa Sentuh, Emang Bisa?

Cuci Motor tanpa sentuh. Foto, Cindy/BN

BENGKULU – Mencuci kendaraan merupakan hal biasa yang dilakukan, agar motor maupun mobil menjadi bersih dan nyaman saat digunakan.

Hal ini bisa dilakukan sendiri di rumah saat waktu senggang, namun kebanyakan masyarakat zaman sekarang terlalu memiliki banyak kegiatan sehingga lupa untuk mencuci kendaraan.

Jika sudah begini hal lain yang bisa dilakukan adalah membawa kendaraan ke tempat cucian motor ataupun mobil.

Namun cucian kendaraan yang menggunakan sabun dan dilakukan secara manual, dengan menyentuh motor atau mobil sudah biasa. Bagaimana dengan mencuci kendaraan, tapi tanpa menyentuhnya ?

Karyawan Touchless Wash di Bengkulu, Zidan mengatakan bahwa usaha cuci motor ini merupakan franchise dari Grass Touchless Shampoo yang mulai dibuka sejak tahun 2022 lalu. Budget yang dikeluarkan kala itu sebesar Rp15 juta, untuk keperluan mesin dan lainnya.

“Kalau modal awal itu sekitar Rp15 juta ya, karena untuk mesinnya aja harganya Rp8 juta,” kata Zidan pada Bengkulunews.co.id Kamis (05/01/23) siang.

Usaha pencucian ini menggunakan sistem mesin untuk mengeluarkan sabun serta air dengan kekuatan lebih besar dari yang biasanya.

“Kalau dibilang tidak sentuh kita tetap menyentuh kendaraan ya, itu biasanya di bagian ban dan mesin motor. Kita sistemnya menggunakan salju dari mesin, dengan kekuatan yang lebih kencang dari yang biasanya, khususlah,” jelasnya.

Selain mesin dan beberapa alat semprot sabun khusus, penggunaan sabunpun juga terbilang berbeda dari tempat cuci mobil biasanya. Karena sabun yang digunakan, diklaim bisa menghilangkan kerak maupun kotoran bandel yang menempel dikendaraan dan dalam sebulan mereka biasa menghaiskan kurang lebih 15 botol sabun.

Sedangkan untuk pengeringan motor juga dibantu oleh mesin yakni kompresor angin, sehingga pengerjaannya hanya memakan waktu 8 menit untuk kendaraan bermotor.

Dalam sehari mereka bisa mencuci kurang lebih 20 kendaraan sepeda motor, saat kondisi cuaca bagus. Harga yang dikenakan untuk mencuci motor berkisaran Rp17 ribu hingga Rp25 ribu, tergantung dari ukuran motor.

Tidak hanya motor pencucian kendaraan ini juga bisa mencuci mobil, dengan harga Rp40 ribu saja dan waktu pengerjaan sekitar 30 menit.

“Kalau mobil kita sudah pernah tiga kali ya dapat, biasanya mereka nanya dulu bisa untuk mobil atau tidak. Tapi untuk mobil kita tidak sampai kebagian kolong si,” tegasnya.

Rencananya pencucian motor ini akan pindah ketempat yang lebih besar lagi, dengan penambahan karyawan. Ia berharap banyak pelanggan yang mampir ke tempat pencucian tersebut dan usaha ini sekamin maju.

“Kedepannya bisa lebih ramai lagi dan ada temanlah biar ada yang bantu juga,” demikian Zidan.

Penulis : Cindy

Baca Juga
Tinggalkan komen