Logo

Tahun ini Jalur Alternatif Seluma Mulus

Saifullah, ST

SELUMA, bengkulunews.co.id – Dua jalur jalan alternatif dari Kota Bengkulu menuju Kabupaten Seluma dalam waktu dekat akan mulus di hotmix dan saat ini telah mulai tahapan pekerjaanya.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Seluma, Saifullah, ST, jalur tersebut diantaranya ruas jalan Jenggalu-Arau Bintang di Kecamatan Sukaraja sepanjang 5,7 KM dengan nilai pekerjaan Rp. 11,4 miliar.

“Serta ruas Jenggalu-Riak Siabun sepanjang 5,4 KM dengan nilai Rp. 9 miliar. Total panjang dua jalur tersebut kurang lebih mencapai sebelas kilo,” kata Saifullah, Rabu (9/8/2017).

Dua item pekerjaan tersebut saat ini telah dilelang dan didapatkan kontraktornya, bersamaan dengan pekerjaan akses parkir halaman masjid Jamik Baitul Falihin senilai Rp. 800 juta.

Pekerjaan ruas Jenggalu-Arau Bintang lebih banyak memakan biaya karena harus meninggikan badan jalan tersebut karena daerah itu lebih rendah dan rawan banjir.

Jalan tersebut dapat diakses dari Kota Bengkulu ke arah Kampung Melayu, Jenggalu dan tembus ke Desa Arau Bintang.

Karena keterbatasan anggaran, untuk sementara hanya pembangunan badan jalan saja. Karena idealnya pembangunan jalan tersebut harus ada bahu jalan dan siring. Sebab yang dominan merusak adalah aliran air yang merambah ke jalan, yang berasal dari air hujan ataupun ada mata air.

Diharapkan adanya jalan tersebut dapat memperlancar arus transportasi manusia serta komuditas perkebunan disekitar daerah tersebut untuk pasokan ke Kota Bengkulu atau Seluma serta sebaliknya.

“Diyakini pembangunan jalan itu ditargetkan akan selesai pada waktunya, walaupun untuk pekerjaan fisik tergolong telat,” tutup Saifullah.