Logo

Tahun Ini Hewan Kurban di Provinsi Bengkulu Ada 11 Ribu Lebih

oppo_0

oppo_0

BENGKULU – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Bengkulu mencatat, tahun ini di Momen Hari Raya Idul Adha 1445 Hijrah tahun 2024, ada sebanyak 11.531 ekor hewan kurban yang tersebar di kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu

Hal tersebut diungkapkan Arsan Suryani Ibrahim, Kepala Bidang Penais Zawa, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu. Ia mengatakan dari jumlah itu, Kota Bengkulu menjadi wilayah terbanyak yang memiliki hewan kurban.

Sementara itu, dari seluruh rincian hewan kurban tersebut, terdapat 236 ekor kerbau, 6.745 ekor sapi, dan 4.478 ekor kambing.

“Kita di tahun ini, berdasarkan laporan dari Kemenag Kabupaten/kota lebih kurang ada seribu ekor hewan kurban. Yang paling banyak berdasarkan data yang kita himpun berasal dari Kota Bengkulu,” kata Arsan Suryani Ibrahim, Senin (17/06/2024).

Arsan Suryani Ibrahim menambahkan, jika dibandingkan dengan lebaran Idul Adha tahun lalu, di tahun ini jumlah hewan kurban mengalami peningkatan.

“Alhamdulillah tahun ini meningkat, mudah-mudahan yang berkurban dan hewan kurbannya berkah dan bermanfaat untuk kita semua,” ujarnya.

Sementara disisi lain, Arsan menyebut untuk seluruh hewan kurban yang terdata sudah bebas dari penyakit. Hal itu dibuktikan dengan telah diperiksanya hewan kurban oleh pihak terkait.

“Seluruh hewan kurban telah diperiksa oleh Dinas Peternakan masing-masing kabupaten/kota dan dinyatakan bebas dari penyakit mulut dan kuku,” tutupnya.