Logo
Dempo Xler

Sosialisasikan Germas, Dinkes Provinsi Aktifkan UKS

Sosialisasikan Germas, Dinkes Provinsi Aktifkan UKS

 

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Gencar dalam mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) untuk menumbuhkan budaya hidup sehat di kalangan masyarakat Provinsi Bengkulu. Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu beralih sasaran terhadap siswa Sekolah mulai dari SD, SMP hingga SMA se-Provinsi Bengkulu.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni mengatakan, hal ini dilakukan untuk menumbuhkan budaya hidup sehat di kalangan pelajar dengan mengaktifkan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di setiap sekolah di Provinsi Bengkulu.

“Ini sengaja dilakukan, karena kami ingin menumbuhkan budaya hidup sehat sejak dini dengan lebih mengaktifkan UKS disetiap Sekolah,” ungkapnya di Madelin Hotel, Selasa (11/4/2017) sore.

Ditambahkannya, dalam hal ini, pihaknya sangat mengharapkan peran aktif dari UKS disekolah, pasalnya UKS ini akan berfungsi untuk mengawasi dan memberikan pelatihan bagi para pelajar tentang budaya hidup sehat, sehingga nantinya siswa akan dapat memila jajanan sehat yang terdapat dilingkungan sekolahnya.

“Saat ini banyak terdapat jajanan dilingkungan sekolah, dimana para penjual tidak memperhatikan kesehatan bagi pengonsumsinya. Dengan adanya UKS ini kami berharap akan memberikan pelatihan kepada siswanya,” sambung mantan Kadinkes Kota Bengkulu ini.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri mengatakan, pemerintah sangat mendukung upaya yang dilakukan Dinkes Provinsi Bengkulu, menurutnya ini sangat baik bagi siswa/siswi di sekolah dan ini akan menunjang program pemerintah provinsi Bengkulu untuk menjadikan Bengkulu Sehat.

“Ini langkah yang sangat baik, dan pemerintah akan mendukung penuh terkait apa yang dilakukan Dinkes. Karena ini selaras dengan program prioritas Gubernur untuk menciptakan Bengkulu Sehat, pemerintah akan mendukung sepenuhnya baik dari anggaran maupun dalam bentuk lainnya.” singkat Hamka.