Logo

Sinyal Lemot, Dua Kecamatan di Daerah Ini Dibangun BTS

Kadis Kominfo Kabupaten Seluma, Hendarsyah

SELUMA, bengkulunews.co.id – Jika tidak ada aral melintang, pada tahun 2018, dua kecamatan di Kabupaten Seluma, bakal dibangun Base Transceiver Stations (BTS).

Pembangunan tersebut guna mengatasi minimnya sinyal di Kecamatan Talo dan Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM). Dimana pembangunan tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI.

Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Kabupaten Seluma, Hendarsyah mengatakan, bantuan tersebut akan dilakukan tahun 2018, melalui Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (PB3TI).

”Dimungkinkan akan mendapat bantuan pembangunan tiga menara BTS,” kata Hendarsyah, Selasa (10/10/2017).

Selain itu, lanjut Hendarsyah, daerah ini juga mendapat bantuan tujuh akses internet, yang nantinya akan diberikana ke Puskesmas yang belum terakses jaringan internet.

”22 puskesmas, rata-rata belum memiliki akses internet. Padahal unit kesehatan itu butuh jaringan untuk pelayanan BPJS yang harus online,” sampai Hendarsyah.

Bantuan dari KemenKominfo, terang dia, merupakan program untuk daerah tertinggal, terluar dan terdepan (3T).

Meskipun demikian, sampai Hendarsyah, Kominfo Seluma sendiri saat ini telah membangun 61 titik jaringan, dengan menggunakan serat optik dan jaringan biasa.

”Saat ini jaringan baru bisa mencapai kelurahan, ditargetkan pada tahun depan secara bertahap sudah mencapai ke desa-desa,” tutup Hendarsyah.