Logo
Dempo Xler

Sigap Bencana, Basarnas Latihan Penyelamatan Udara

basarnas

basarnas

Kepala Basarnas, beserta Wawali dan Danrem saat melihat kendaran ampibi milik basarnas

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Badan Sar Nasional (Basarnas), Jumat siang (10/11/2017), melakukan latihan khusus demi melatih kemampuan anggota Sar saat melaksanakan tugas terhadap bencana yang akan dihadapi nantinya. Hal ini dilakukan untuk menyikapi terjadinya bencana di wilayah Bengkulu.

Dalam pelatihan itu, sesuai dengan jiwa yang ada di Basarnas, yakni Loket Akses (LAS) yang artinya lokasi yang akan dituju, sedangkan akses adalah jalan menuju daerah bencana. Maka dari itu Basarnas ini menggelar latihan penyelamatan terhadap korban bencana melalui akses udara dengan menggunakan Helly Kopter milik Badan Sar Nasional Pusat.

Kepala Kantor Basarnas Provinsi Bengkulu, Agolo, mengatkan, apabila pada saat bencana semua infrastruktur hancur dan semua jalur darat tertutup, maka pihaknya akan melakukan penyelamatan melalui jalur udara dan itulah yang dikatakan akses.

“Kalau akses ini sudah terlatih, maka anggota kita nantinya tidak sulit  untuk melakukan evakuasi terhadap bencana melalui jalur udara,” ungkap Agolo kepada bengkulunews.co.id di kawasan Pantai Panjang tadi sore (10/3/2017).

Dari pantauan bengkulunews.co.id, dalam pelatihan ini, dihadiri Wakil Walikota Bengkulu, Patriana Sosialinda dan pihak  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dandrem, Danlanal, Kapolsek Ratu Samban, serta Palang Merah Indonesia (PMI).