Logo

Sejarah Perayaan Hari Ayah Sedunia

Hai taukah kamu bahwa tanggal 19 Juni merupakan perayaan hari ayah sedunia loh? Wah kok bisa ya?

Sonora Smart Dodd merupakan seorang anak yang dibesarkan oleh seorang ayah yang statusnya adalah duda, saat Ia mendengarkan khotbah di gereja mengenai Hari Ibu. Ia berfikir bahwa ayah juga pantas untuk diberikan apresiasi atas apa yang dilakukannya dalam memenuhi kebutuhan hidup, dari hal itu Sonora Smart Dodd mendatangi gereja-gereja lokal serta pejabay pemerintah untuk menggalang dukungan terhadap pemikirannya tersebut.

Pada 19 Juni 1910 Negara bagian Washington merayakan Hari Ayah pertama kali diseluruh dunia, sebenarnya Sonora meminta perayan tersebut dioeringati setiap tanggal 5 juni namun pemerintah memutuskan untuk merayakan hari tersebut pada hari minggu ketiga setiap bulan Juni.

Dan akhirnya setelah penetapan tersebut Presiden AS Lundon B Johnson menandatangani proklamasi presiden secara resmi pada tahun 1966. Dan presiden Richwrd Nixon menyatakan hari Ayah sebagai libur federal pada 1972.

Itulah sejarah singkat mengenai hari ayah, tentunya dalam memperingati jasa ayah kita bisa mengungkapkan rasa trimakasih kita kepadanya atau memberikannya hadia kecil untuk mengormati jasanya.