Logo
Dempo Xler

Sejarah Pantai Panjang Bengkulu yang Wajib Kalian Ketahui

Sejarah Pantai Panjang Bengkulu yang Wajib Kalian Ketahui

BENGKULU – Bicara soal keindahan Pantai Panjang Bengkulu memang tidak akan ada habisnya, dinamakan pantai panjang karena pantai ini memiliki garis pantai yang sangat panjang mencapai 7 km.

Hal tersebut terjadi karena di sekitar pantai tidak ada karang jadi saat air laut pasang membuat hamparannya menjangkau sangat jauh ke dalam pantai.

Pantai Panjang memiliki latar belakang sejarah yang penting yang bermula dari era kolonial di Indonesia.

Pada abad ke-18, wilayah Pantai Panjang merupakan bagian dari pos perdagangan British East India Company, yang dikenal dengan Benteng Marlborough.

Benteng Marlborough dibangun pada tahun 1713 dan memegang peran penting dalam aktivitas perdagangan Inggris di wilayah Bengkulu yang dekat dengan Pantai Panjang.

Pantai Panjang yang berdekatan dengan benteng ini akhirnya dikenal sebagai “Pantai Panjang” karena memiliki garis pantai yang panjang dan indah. Pada masa itu, pantai panjang telah menjadi tempat yang strategis dan yang ramai dikunjungi karena kehadiran benteng dan aktivitas perdagangan di sekitarnya di Bengkulu.

Kini, kawasan Pantai Panjang jadi lokasi idola masyarakat untuk berwisata. Karena seiring berjalannya waktu, Pantai Panjang menjadi salah satu tujuan wisata populer di Bengkulu.

Pesona pantai yang indah, pasir putihnya, ombaknya yang tenang, serta pemandangan matahari terbenam yang sangat memukau,  menjadikan Pantai Panjang sebagai daya tarik wisata yang menarik bagi wisatawan lokal maupun internasional.