Logo

Sebanyak 2.124 PDAM Gratis Belum Terpasang

Komisi III DPRD Kota, Kusmito Gunawan, Sudisman, dan Rena saat hearing berlangsung (dari kanan)

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Komisi III DPRD Kota Bengkulu mempertanyakan keseriusan PDAM Kota Bengkulu yang belum memasang sebanyak 2.124 sambungan air gratis kepada warga. Pasalnya, hingga saat ini Ledeng gratis yang dijanjikan oleh Perusahan Daerah Air Minum Daerah tersebut belum juga terealisasi.

Menurut anggota Komisi III DPRD Kota, Kusmito Gunawan, semestinya PDAM telah menuntaskan sambungan air gratis bagi warga tidak mampu itu. Sebab perda yang melandasi hal itu telah disahkan beberapa bulan lalu.

“Perda nya kan sudah dari bulan februari lalu, seharusnya pertengahan maret sudah terlaksana. Terus bulan juni, juli nya kemana? Ini ada kesan sengaja diabaikan,” pungkas anggota Komsisi III DPRD Kota Bengkulu, Kusmito Gunawan, saat hearing bersama PDAM, di gedung legislatif kota Bentiring pada Rabu (2/8/2017) pagi.

Tidak hanya PDAM, dewan juga mencecar Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), untuk memberikan penjelasan terkait alasan belum dicairkannya dana untuk pemasangan ledeng gratis oleh PDAM.

“Jangan ada kongkalikong, saya lebih menyalahkan DPKAD, kenapa kebutuhan PDAM ini tidak direspon dengan cepat,” sambung Kusmito.

Selanjutnya, PDAM diminta untuk segera mengejar target yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat, yakni menutaskan pemasangan sambungan air dengan tenggat waktu hingga 30 september mendatang. Jika tidak, dewan khawatir realisasi dari anggaran hibah pemerintah pusat senilai 5.5 miliar ini dianggap wanprestasi. Ini menyebabkan, dana hibah ini akan dihentikan karena pemerintah kota dinilai tidak mampu.