Logo

Retas Kemiskinan, Dinkes Prioritaskan 3 Program Utama

Retas Kemiskinan, Dinkes Prioritaskan 3 Program Utama

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Dalam rangka mensukseskan program peretasan kemiskinan dan peretasan ketertinggalan yang gencar dilakukan oleh Pemerintah provinsi Bengkulu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu akan melakukan tiga hal utama yakni, pemerataan fasilitas dan pelayanan kesehatan, bantuan langsung serta pemberdayaan masyarakat.

Pelaksana tugas (plt) Kepala Dinkes Bengkulu drg Edriwan Mansur MM. mengatakan, bahwa ketiga hal tersebut akan dilakukan untuk mendukung program pemerintah tersebut.

“Tiga hal tersebut merupakan tawaran ide, tentunya kabupaten dan kota mempunyai strategi atau gagasan yang bisa kita sinkronkan. Targetnya, program prioritas urutan pertama,” katanya, Senin (20/3/2017).

Untuk merealisasikan ketiga hal tersebut pihaknya membutuhkan data ril dan sudah diupdate dari setiap daerah, baik tentang kondisi fasilitas kesehatan (kualitas dan kuantitas), serta data kependudukan juga kondisi masyarakat.

“Kami membutuhkan data terkait beberapa hal dalam pelaksanaan tiga prioritas utama tersebut agar bisa terlaksana dengan baik,” tambahnya.

Setiap daerah ataupun kawasan yang menjadi sasaran tentunya memiliki problem yang berbeda antara satu dengan yang lain sehingga penanganannya pun harus disesuaikan dengan kebutuhannya.

“Jadi kami perlu holistik analisis, sehingga bisa ada program yang terintegrasi dan tepat sasaran,” ujarnya.

Edriwan menyampaikan, bahwa sinergitas seluruh Dinkes se-Provinsi Bengkulu akan mampu melahirkan kegiatan yang menunjang kesuksesan setiap program.

“Sinergi yang baik antar Dinkes yang ada di Provinsi Bengkulu akan mampu mensukseskan program-program tersebut,” ucapnya.

Menurutnya setiap daerah kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu dapat berbagi gagasan dan ide serta tips mengatasi suatu permasalahan sehingga mampu menjadi pembelajaran bagi setiap daerah tersebut.

“Kita saling bisa belajar antar daerah, dan kita mempunyai tujuan yang sama yakni mampu memberikan pelayanan terbaik kepada semua masyarakat,” tutupnya.

Baca Juga: Dinkes Se-Provinsi Bengkulu Siap Sinergis Entaskan Kemiskinan