Bengkulu News #KitoNian

Reses, Irwan Eriadi Serap Aspirasi untuk Program Prioritas Masyarakat

bengkulunews.co.id – Anggota DPRD Provinsi Dapil Bengkulu 2 Kabupaten Bengkulu Utara – Bengkulu Tengah, Irwan Eriadi, SE, MS gelar Reses dari tanggal 29 Oktober hingga 2 November 2019 lalu. Irwan mendengar keluhan apa yang disampaikan warga dari beberapa desa.

Seperti, warga Kabupaten Bengkulu Utara dan Bengkulu Tengah, berharap kepada DPRD Provinsi Bengkulu dapat memprioritas pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, air bersih serta peningkatan fasilitas pendidikan.

Disampaikan Tantawi, salah seorang warga Desa Bang Haji, Kecamatan Bang Haji, Kabupaten Bengkulu Tengah, salah satu yang perlu dibenahi berupa infrastruktur jalan. Selain juga, satabilisasi harga sawit dan karet.

Masyarakat juga berharap, adanya bantuan di bidang peternakan. Bantuan berupa ternak sapi dan kambing untuk warga desa.

Sama dengan Lensi, salah seorang warga Desa Talang Panjang, Kecamatan Bang Haji juga mengharapkan adanya peningkatan jalan dari Desa Talang Panjang menuju keluar desa. Dirinya ingin jalan ini dapat ditingkatkan, karena kondisinya saat ini sangat belum memadai.

Sedangkan itu, aspirasi masyarakat Desa Lubuk Langkap, yang disampikan oleh Awawi, berharao persoalan ganti rugi lahan masyarakat dari pihak perkebunan PT. Bio bisa diselesaikan. Termasuk juga adanya peningkatan sarana prasarana infrastruktur jembatan yang kondisinya saat ini masih darurat.

“Terkait izin beberapa perusahaan perkebunan yang belum ada kejelasan juga harus diselesaikan. Apakah HGU atau belum, atau hanya izin prinsip saja. Selain itu juga terkait hutan lindung yang bisa dibuat izin garap bagi masyarakat,” ungkap Awawi saat menghadiri reses.

Dari hasil reses ini sebagian warga masih membutuhkan bantuan pembangunan infrastruktur jalan, jembatan serta fasilitas umum lainnya.

“Ya, masih didominasi soal pembanguan infrastruktur. Seperti pembangunan jalan provinsi di Kabupaten Bengkulu Tengah yang perlu dilakukan peningkatan dan perbaikan. Karena kondisinya saat ini sudah tidak baik lagi,” ujar Irwan Eriadi.

Dia juga mengatakan, aspirasi lain juga ada yang meminta pembangunan jalan Lubuk Sini tembus ke wilayah Kecamatan Pematang Tiga, Kabupaten Bengkulu Tengah dan juga bisa tembus ke wilayah Lubuk Durian Kabupaten Bengkulu Utara.

“Yang pasti aspirasi masyarakat tersebut akan kita tampung. Nantinya aspirasi akan dibahas bersama dengan pihak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dilingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu,” jelas yang biasa disapa Edi Ramli ini.

Dia juga mengatakan, usulan-usulan tersebut nantinya akan kembali dipelajari. Mana yang menjadi kewenagan pemerintah kabupaten dan mana yang menjadi kewenagan pemerintah provinsi.

“Untuk kewenagan pemerintah kabupaten nantinya akan kita koordinasikan lewat DPRD kabupaten, karena hal tersebut merupakan ranah pemerintah kabupaten,” ungkapnya.

Ia jua menyebutkan terkait dengan aspirasi warga terutama untuk fasilitasi pemerintah provinsi, nantinya akan diperjuangkan. Untuk itu nanti lihat anggaran yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu dahulu.

“Tentunya usulan dari reses yang kita lakukan akan ditindak lanjuti. Nantinya akan melihat kemampuan dari anggaran pemerintah. Apa bila nantinya anggaran tersebut ada, tentunya akan direalisasikan sesuia dengan prioritas masyarakat,” demikian politisi Partai Gerindra ini. [Advetorial]

Baca Juga
Tinggalkan komen