Logo

Ratusan Kandidat Ramaikan Bursa Pilkades di Seluma 


SELUMA, bengkulunews.co.id – Hasil verifkasi berkas persyaratan telah ditetapkan 188 orang calon kepala desa dan akan bersaing di 63 desa pada Pilkades 20 Juli 2017, yang tersebar di 13 kecamatan.

”Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) tercatat yang paling banyak diikuti calon, karena rata-rata diikuti 4 hingga 5 calon untuk satu desa,” kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas PMD Kabupaten Seluma, Arlan Aksa, Rabu(10/5/2017).

Selanjutnya, kata dia, pada 25 Mei 2017 akan ditetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT), namun sebelumnya akan diplenokan tingkat desa dan panitia di desa. Sehingga seluruh DPT haruslah tercatat dan terdaftar. Sehingga warga yang sudah berusia 17 tahun ke atas bisa menggunakan hak suaranya untuk ikut memilih.

Dimana, sampai Arlan, pagu untuk pencetakan suara dianggarkan Rp100 juta, dan diperkirakan untuk pencetakan memakan waktu satu bulan.

”Format surat suara pada pemilihan tahun ini menggunakan nomor urut, foto dan nama lengkap. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya menggunakan inisial buah-buahan,” jelas dia.

”Antusias warga tergolong tinggi untuk menjadi kepala desa, mungkin karena saat ini secara finansial kesejahteraan dan fasilitas Kades saat ini lebih baik,” tutup Arlan.