Logo

Puncak HPN, Produksi Usaha Kreatif Lebong Siap Dipasarkan

LEBONG – Ratusan souvenir rumah adat Lebong dari produksi kelompok usaha kreatif warga di Kampung Jawa kecamatan Lebong Utara kabupaten Lebong sudah siap di pasarkan di Hari Pers Nasional (HPN), pemasaran dilaksanakan sebagai bentuk promosi identitas daerah.

Ketua Kelompok Usaha Kreatif Lebong, Sumardi mengatakan, sebanyak 380 sovenir rumah adat Lebong selesai diproduksi menggunakan bahan ijuk aren, kayu taji, kaca, triplek dan akrilik dengan ukuran sovenir 6×8 Cm.

Meskipun baru produksi sejak Januari 2018, lanjutnya, souvenir di momen-momen kegiatan sudah siap diperkenalkan pada bulan April 2018 ini kepada masyarakat, pemerintah maupun swasta di daerah Lebong.

“Kita mulai promosikan nanti pada momen pelaksanaan kegiatan hari pers nasional, karena banyak pendatang yang akan hadir. Selain pemerintah yang diminta mendukung promosi produk lokal, swastapun kita libatkan,” Ujarnya, Senin (23/4/2018).

Bentuk rumah adat yang memiliki 9 kaki penyangga inti dan 3 kaki penyangga bantu, jumlah anak tangga yang ganjil, motif warna putih dan dinding warnah merah dengan garis hitam mengundang penasaran sendiri bagi yang melihatnya, Namun saat ini belum dapat diberi tahu.

“Saat ini kami belum bisa menjelaskan makna dan bagian rumah adatnya, karena masih banyak versi jadi kami akan mencari tahu terlebih dahulu,” ucap Sumardi.

Dijelaskannya, selain membuat souvenir rumah adat, kelompoknya juga telah membuat 60 buah souvenir gulungan emas tradisional dan 200 buah souvenir perahu arum jeram. Kelompoknya, sambung Sumardi, juga siap membagi ilmu kepada ibu-ibu rumah tangga yang ingin berkerja sama mengembangkan membuat usaha kreatifnya.

“Harapan kami usaha souvenir ini mampu memberikan pengaruh baik kepada kabupaten lebong terutama membantu perekonomian keluarga dan menjaga kearifan lokal,” demikian Sumardi.