Logo

Puluhan Desa Belum Sampaikan LPj APBDes

KAUR, bengkulunews.co.id – Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMDP-KB) mencatat, dari 192 desa di Kabupaten Kaur, masih ada puluhan desa yang belum menyampaikan laporan pertanggungjawaban (LPj) penggunaan anggaran pendapatan dan belanda desa (APBDes) tahun 2015. Hal itu menyebabkan sejumlah desa itu belum bisa menerima anggaran di tahun 2016 ini.

Sebab itu, Kepala BPMDP-KB Kaur, Jhon Harimol melalui Kabid PMD, Abdul Karim Tais, mengharapkan aparat desa dapat segera merampungkan LPj APBDes 2015 tersebut.

“Kalau memang belum paham, kita minta pihak desa memberdayagunakan tenaga yang pandai di bidang teknologi komputer atau laptop, khususnya juga dalam pelaporan keuangan,” ujar Abdul Karim.

Selain itu, dalam pelaporan tersebut, kata Abdul Karim, harus menggunakan pelaporan dengan system online.

Sementara Kasi Pemdes, Sastiana, S.STP, M.Si menambahkan, baru 20 persen desa yang menyampaikan LPj tahun 2015. Sementara sisanya, hingga saat ini belum kunjung selesai. Ia mengatakan, jika LPj itu tidak segera disampaikan ke BPMD, maka desa yang belum melaporkan pembayaran ADD tahun 2016 akan ditunda.

“Jadi selesaikan terlebih dahulu laporan pertanggungjawaban itu, karena itu kewajiban setiap desa,” ujar Sastrana.(123)