Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 50 Bengkulu

HKG dan Jambore PKK ke 50

BENGKULU – TP PKK Provinsi Bengkulu menggelar Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-50 di Nala Seaside Hotel, Kamis (2/6). Acara ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri.

Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Bengkulu Derta Wahyulin Rohidin menyampaikan momen HKG ke-50 ini diharapkan gerakan PKK kembali pada ruhnya. Di mana keluarga menjadi fokus perhatian, keluarga yang harus diberdayakan karena merupakan unit terkecil masyarakat.

“Jika keluarga sudah dapat diberdayakan sesuai potensi dan kebutuhannya, maka berarti gerakan PKK berpotensi memberdayakan masyarakat secara keseluruhan. Dedikasi dan tekad yang tinggi akan membawa kiprah PKK ikut serta memajukan bangsa,” ungkap Derta.

Kemudian, sebagai mitra kerja pemerintah TP PKK perlu menyelaraskan setiap program yang ada dengan program pembangunan yang sudah dirancang. Begitupun dengan hasil RAKERNAS IX PKK tahun 2021 lalu, sehingga gerakan TP PKK lebih bergelora, tidak monoton, dan hadirnya nuansa pembaharuan.

“Kader-kader PKK termasuk kader Dasawisma perlu mendapat bimbingan, pembinaan dan fasilitasi berkelanjutan sehingga mampu menjalankan fungsi kinerja dan program PKK yang selaras dengan program pemerintah,” terang Derta.

Menurutnya, TP PKK Provinsi Bengkulu sudah melakukan upaya masif guna mendukung program pemerintah provinsi Bengkulu salah satunya dengan sosialisasi 10 program pokok PKK, pemberian penghargaan ADHI BHAKTI PRATAMA bagi kader kabupaten/kota, bekerjasama dengan Dinsos, BPJS kesehatan memberikan kartu jaminan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu, dan lain sebagainya.

“PKK berperan menekan angka stunting di Provinsi Bengkulu, dengan memberikan pemahaman kepada kader-kader PKK hingga tingkat desa. Selain itu, pemasaran produk asli daerah pada pameran Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK,” tutup Derta.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Hamka Sabri yang mewakili Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan kehadiran TP PKK sangat membantu pemerintah dalam upaya percepatan pembangunan di daerah.

“TP PKK selalu berada di garda terdepan mendukung program pemerintah, saling bersinergi mewujudkan Bengkulu Sejahtera, Hebat, dan Maju,” ucap Hamka.

Lebih lanjut, Pemerintah terus mensupport setiap kegiatan yang dilakukan TP PKK di masyarakat. Sinergi ini diharapkan terus ditingkatkan, sehingga pemerintah dapat terbantu.

“Tentu pemerintah sangat mengapresiasi peran PKK selama ini, yang turun hingga ke tingkat desa, memberikan pelatihan, hingga membantu masyarakat. Hingga membantu pemerintah dalam penurunan angka stunting,” cetus Hamka. (Adv)

Baca Juga
Tinggalkan komen