Logo

Pengawasan Pilkada Bengkulu 2024 Dimulai

Pengawasan Pilkada Bengkulu 2024 Dimulai

BENGKULU – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bengkulu menyatakan siap mengawasi tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 di Provinsi Bengkulu.

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu, Faham Syah saat membuka acara Kick Off Pengawasan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu, Bupati dan Wakil Bupati Serta Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu serentak tahun 2024, Sabtu (29/06/2024) malam.

“Bawaslu beserta jajarannya, mulai dari Bawaslu Provinsi, kemudian Bawaslu Kabupaten, Kota, kemudian Panwascam, kemudian PKD yang sudah dibentuk di Provinsi Bengkulu benar-benar menyatakan siap untuk mengawasi pemilihan gubernur, bupati, dan walikota,” tegas Faham Syah.

Faham Syah menambahkan, persiapan pengawasan itu ditandai dengan telah dimulainya pemuktahiran data pemilih yang diawasi oleh pihak KPU dan Bawaslu.

Selain itu, lanjut Faham Syah, verifikasi faktual untuk data calon perseorangan Gubernur, Bupati dan Walikota juga telah diawasi oleh pihak Bawaslu.

“Sebenarnya pengawasan pemilu ini sudah kita mulai. Artinya pengawasan itu sudah dilakukan dari ketika bulan Maret kemarin,” kata Faham Syah.

Sementara, Faham Syah menyebut acara Kick Off Pengawasan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Serta Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu serentak ini merupakan tanda awal Bawaslu dan jajarannya untuk mendukung pengamanan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024.

“Kami juga berharap masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses pemilu serentak ini,” demikianlah Faham Syah.