Logo

Pencetakan KTP di Seluma Banyak Masalah

SELUMA, bengkulunews.co.id – Walaupun blangko KTP elektronik saat ini telah tiba, tetapi warga Kabupaten Seluma belum bisa memiliki KTP, karena mesin pencetak saat ini mengalami kerusakan dan sedang diperbaiki hingga waktu yang belum bisa ditentukan.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Seluma, Herkules Jeraim, bahwa mesin pencetak KTP saat ini telah dibawa ke Jakarta untuk diperbaiki di Kemendagri.

“Secara teknis tidak diketahui kerusakanya dimana, tetapi mesin itu tidak bisa membaca dan menerima jaringan dari server induk,” kata Herkules, Selasa (2/5/2017).

Kerusakan ini mengakibatkan 19 ribu warga Seluma yang sudah melakukan perekaman, harus bersabar kembali untuk mendapatkan KTP.
Pebaikan mesin sendiri memang masih tanggung jawab Kemendagri, termasuk untuk biaya servis dan pembelian alat-alat ditanggung kementerian itu.

Herkules juga mengatakan, sebulan lalu telah dilakukan pelatihan pada operator mesin karena ada format baru untuk pembuatan KTP dan telah tiba 10 ribu blangko KTP elektronik dari Kemendagri, ketika tinggal mencetak mesin mendadak rusak.

Bila mesin sudah kembali normal maka, akan langsung dilakukan pencetakan dan pemohon harus kembali ke Dukcapil Seluma untuk melakukan aktivasi dengan sidik jari. Setiap hari hanya melayani hingga 150 orang untuk aktivasi mengingat kemampuan mesin terbatas.

Sedangkan untuk perekaman bisa juga dilakukan dienam kecamaatan diantaranya Kecamatan Semidang Alas, Semidang Alas Maras, Talo, Air Periukan, Seluma Timur dan Sukaraja.

“Saya harapkan warga untuk kembali bersabar, karena kendala teknis ini diluar kendali, jika mesin sudah bagus segera dilakukan pencetakan,” tutup Herkules.