Logo

Pemprov Bengkulu Jalin Kerja Sama dengan Industri Jepang

Pemprov Bengkulu Jalin Kerja Sama dengan Industri Jepang

BENGKULU – Pemerintah Provinsi Bengkulu resmi bekerja sama dengan Jepang dalam Auidensi tertutup terkait Persiapan Kunjungan dan Penandatanganan MoU dengan Industri Jepang Penempatan Lulusan SMK Provinsi Bengkulu, di Balai Semarak, Kamis (11/07/2024).

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan bahwa Pemprov telah bekerjasama dengan pihak Jepang, untuk Lulusan SMK agar bekerja di Industri Pekerjaan yang berada di Jepang.

“Kita sekarang sudah ada kerjasama dengan Jepang, ada 7 SMK , jadi tahun depan kita akan kirim sekitar 150 , SMK kita langsung kerja ke Jepang,” kata Rohidin.

Dirinya juga menambahkan bahwa kerjasama tersebut berbeda dengan Program yang dilakukan oleh Disnakertrans, karena Disnakertrans telah membuat program tersendiri untuk kerjasama dengan pihak Jepang.

“Kalau ini langsung, jadi kita bulan Agustus ini kita langsung mengirim 7 Kepala Sekolahnya langsung untuk menemui langsung ke tempat kerja, nanti masing-masing sekakan mengutus 10 orang. Itu akan kita coba langsung tamat sekloah bisa bekerja ke Jepang,” tambah Rohidin.

Selain itu Rohidin juga menambahkan bahwa untuk Bidang Pekerjaan yang ada itu bermacam-macam, tergantung permintaan Perusahaan tersebut dalam Dunia Pekerjaan.

“Ada bidang Pertukangan, bidang Animasi, ada bidang macam-macam, sesuai keahlian di SMKnya dan kebutuhan dunia kerja, tapi dialokasikan itu 10 samapi 15 orang per-SMK, dan sekarang mereka juga sedang dibekali bahasa Jepang,” tambah Rohidin.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Provinsi Bengkulu Syarifudin menyampaikan sudah ada sekitar 800 orang dalam perekapan terkait tenaga kerja di Luar Negeri untuk posisi Provinsi Bengkulu.

“Proses ini mau kita lanjutkan, karena dampaknya sangat baik di masyarakat dan di desa, itu terutama untuk meningkatkan ekonomi keluarga,” ujar Syarif.