Logo

Pemkot Bengkulu Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045

BENGKULU – Pemerintah Kota (Pemkot) Gelar Rapat Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) di salah satu hotel di kawasan Pantai Panjang Kota Bengkulu.

Turut dihadiri oeh Pj Walikota Bengkulu, Arif Gunadi, Sekda Kota Bengkulu, Eka Rika Rino, Kapolresta Bengkulu AKBP Dedy Nata, seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Bengkulu.

Kepala Bappeda Kota Bengkulu, Medy Pebriansyah mengatakan bahwa kegiatan ini membahas rancangan RPJPD dalam rangka penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap visi, misi, arah kebijakan dan sasaran pokok RPJPD sesuai dengan Pasal 31 Ayat 1 hal 23 Permendagri.

“Kegaiatan hari ini adalah tahunan yang harus dilakukan oleh pemda baik kabupaten/kota/provinsi untuk menyelaraskan RPJPD dengan RPJPN sehingga periode perencanaan pembangunan selaras dari daerah tingkat II hingga pusat baik dari visi dan misi,” kata Medy, Senin (01/04/2024).

Adapun visi RPJPD kota Bengkulu 2025-2045 yaitu Kota Bengkulu Sejahtera 2045, Bengkulu Maju, Mandiri dan Berkelanjutan.

Sementara, Misi RPJMD kota Bengkulu 2025-2045 adalah:

1.Mewujudkan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing.
2.Mewujudkan perekonomian yang inklusif dan berkelanjutan melalui ekonomi kreatif.
3. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang adaptif, professional, transparan dan akuntabel serta pelayanan publik yang prima.
4. Pembangunan sosial budaya dan ekologi.
5. Meningkatkan pembangunan infrastruktur ekonomi yang berkualitas dan ramah lingkungan.

“Nantinya visi RPJD kota Bengkulu diselraskan secara berjenjang, dari kota yaitu Kota Bengkulu Sejahtera 2045: Bengkulu Maju, Mandiri dan Berkelanjutan. Dengan visi RPJD Provinsi yaitu, Bengkulu Maju, Sejahtra, dan Berkelanjutan lalu diselaraska dengan visi RPJMN pusat yaitu, Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan,” tambahnya