Logo

Pemerintah Buka Rekrutmen CPNS September 2023, 206.000 Formasi untuk Fresh Graduate

BENGKULU – Pemerintah bakal membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada September mendatang. Sebanyak 1,03 juta formasi dengan 206.000 formasi diperuntukkan bagi lulusan baru atau fresh graduate.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, 80 persen dari total formasi diperuntukkan bagi tenaga honorer PPPK, sisanya untuk fresh graduate supaya bisa mendaftar sebagai CASN.

“Nah berikutnya fresh graduate bisa 30%, PPPK 70%. Ini untuk mengakomodir harapan publik terkait dengan fresh graduate untuk bisa ditampung di ASN,” kata Anas, dikutip CNN Indonesia, Rabu (12/7/2023).

Anas menjelaskan, komposisi ini sengaja dibuat untuk menyelesaikan persoalan honorer yang tidak lama lagi akan dihapus. Namun, pemerintah tetap membuka peluang untuk lulusan baru.

“Supaya tidak hanya menyelesaikan honorer, tapi di sisi lain honorer kita prioritaskan karena mereka telah mengabdi kepada layanan publik di pemerintah pusat dan daerah,” tegasnya.

Terkait dengan pembukaan lowongan ini, Anas mengatakan pemerintah masih validasi formasi yang diusulkan kementerian atau lembaga serta pemerintah daerah.