Logo

Pasar Barukoto Semakin Tak Terurus

KOTA BENGKULU – Sejumlah pedagang sudah lama mengeluhkan kondisi pasar Baru koto yang mulai tak terawat dan terabaikan terutama pada lantai 2 pasar. Ini dikarenakan fisik bangunan yang mulai buruk dan tidak layak lagi untuk dijadikan tempat berjualan.

“Saya cukup khawatir sebab bangunan pasar yang mulai tua sangat jarang disentuh perbaikan oleh pihak terkait, kami takut tiba-tiba bangunan pasar di lantai 2 roboh dan menimpa kami yang ada dibawah,” ujar Sri, salah seorang pedagang di pasar Baru Koto, Selasa (28/4/2018).

Terlihat bangunan mengalami kerusakan yang cukup parah ditambah perawatan pasar ini jauh dari kata layak sebab banyak sampah dan rumput liar berada di lantai 2 pasar Baru Koto. Selain lantai 2 pasar yang mulai terabaikan dan rusak, failitas pendukung lainnya pun kurang memadai seperti toilet yang rusak, atap yang bocor, dan saluran pembungan air tidak berfungsi lagi dengan baik, membuat pasar ini kian lama kian sepi pengunjungnya.

“Lantai atas pasar Baru Koto ini memang sudah lama tak difungsikan kurang lebih hampir 3 tahun lamanya, karena bangunan yang bisa dibilang cukup tak layak untuk dijadikan kios berjualan. Hanya ada beberapa kios toko saja yang ada di lantai 2 pasar, kalau diperbaiki mungkin ada saja nanti pedagang yang akan membuka kios diatas sehingga pasar ini bisa ramai oleh pengunjung,” kata Tian penjaga parkir.