Objek Wisata Suban Air Panas Rejang Lebong

BENGKULU – Provinsi Bengkulu dikenal dengan memiliki banyak sekali objek wisata alam yang sangat indah dan sangat menarik. Yaitu salah satunya wisata Air Terjun Suban ini yang berada di Cawang Baru Kecamatan Curup Timur Kabupaten Rejang Lebong.

Kelebihan objek wisata ini sangatlah banyak, itu dikarenakan objek wisata ini menawarkan berbagai keindahan di dalamnya. Objek wisata ini masih terus dikembangkan dan dijaga dengan baik sehingga wisatawan pun sangat tertarik untuk berkunjung.

Air Terjun Suban ini memiliki keindahan yaitu 2 buah air terjun dengan ketinggian yang berbeda-beda. Dikarenakan berada di kawasan Suban Air Panas, air terjun pertama berada di bagian dekat pintu masuk dan yang kedua berada di bagian dalam pemandian Suban Air Panas.

Air terjun yang di bagian pintu masuk memiliki kedalaman 50 meter, sedangkan air terjun yang kedua yang terletak di bagian dalam Suban Air Panas itu memiliki ketinggian 15 meter.

Namun,yang sering dikunjungi wisatawan adalah air terjun yang 15 meter yang berada di dalam pemandian Suban Air Panas, dimana air terjun ini digunakan untuk mengisi kolam pemandian yang berada di bawahnya.

Sungai yang menjadi aliran air terjun ini masih cukup bersih dan jernih, dikarenakan air terjun ini sangat cukup dijaga. Kesegaran aliran air terjun ini cukup terjaga sehingga banyak wisatawan yang berlama-lama di bawah air terjun yang hanya ber foto-foto ataupun bermain air di pinggiran sungai. Suasana di sekitaran air terjun sangat sejuk dan sungai yang di bawah air terjun tersebut tidak terlalu dalam.

Biaya yang akan dipungut dari pengunjung begitu masuk kawasan wisata anda akan diminta biaya masuk Rp.5.000 untuk kendaraan yang beroda empat.

Pos selanjutnya akan diminta biaya parkir sebesar Rp.3.000 per kendaraan. Masuk ke objek wisata Suban Air Panas melalui pintu masuk dan keluar ke objek wisata yaitu sebesar Rp.10.000 (untuk dewasa) dan Rp.5.000 (anak-anak) per pengunjung.         Dan biaya untuk menuju air terjun tersebut dikenakan biaya lagi sebesar Rp.3.000 (dewasa dan anak-anak).

Jika anda ingin pergi ke wisata air terjun ini maka anda bisa berangkat dari ibukota Kabupaten Curup dengan menempuh perjalanan sejauh sekitar 6km atau 15 menit waktu tempuh perjalanan.

Penulis

Rufina Elisa
Mahasiswi Prodi Jurnalistik UIN Raden Fatah Palembang

Video

Baca Juga
Tinggalkan komen