Bengkulu News #KitoNian

Objek Wisata Pasir Lebar Menyimpan Pesona

Kawasan pasir lebar dengan air karatnya

LEBONG, bengkulunews.co.id – Tak ada kata yang dapat melukiskan betapa indahnya kawasan Pasir Lebar yang terletak diantara Kecamatan Bingin Kuning dan Kecamatan Lebong Tengah, Kabupaten Lebong.

Lokasi objek wisata alam ini berada tepat dibawah kaki pegunungan Hulu Lais ini menyimpan berbagai macam potensi yang belum dikelolah dengan baik oleh pemerintah setempat.

Andi warga Desa Bungin kepada Bengkulu News di lokasi Pasir Lebar menjelaskan, bahwa kawasan objek wisata ini tercipta dengan sendirinya bahkan terkesan mistis.

Konon, Pasir Lebar ini terjadi dengan sendirinya dan sudah sejak lama. Bahkan menurut dongeng, dahulu di kawasan ini terdapat desa kuno yang bernama Trans Mambang yang akhirnya tenggelam oleh banjir besar yang dikenal dengan Air Kotok sekarang.

Selain itu, daerah ini terkenal dengan aura mistisnya, bahkan setiap tahunnya pada dahulu kalah sering diadakan ritual kedurai apem untuk menghormati para leluhur Lebong.

“Namun sekarang sudah tidak pernah dilaksanakan lagi dengan alasan hal tersebut syirik. Padahal kan itu bisa jadi nilai jual wisata bagi para pendatang,” ujar Andi.

Selanjutnya, menurut Andi, selain dijadikan tempat ritual kedurai apem, kawasan Pasir Lebar juga sering dijadikan tempat bermain anak-anak. Juga tempat ini dijadikan lokasi pemotretan, baik untuk prewedding maupun foto alam bahkan pernah dahulu ada produser film yang survei ke Pasir Lebar untuk membuat film kolosal.

Kawasan ini juga sering dijadikan anak muda ajang arena motor cross dan bermain sepak bola.

“Kami, selaku masyarakat daerah ini sangat berharap agar kawasan ini dikelola dengan baik. Apakah itu oleh pemerintah daerah ataupun investor swasta yang mau mengembangkan usahanya disini. Saya sangat yakin kawasan Pasir Lebar ini memiliki nilai jual yang tinggi, karena belum ada yang mau mengolah kawasan alam yang begitu indahnya seperti kawasan ini,” Kata Andi. (118)

Baca Juga
Tinggalkan komen