Logo

Menteri Sosial, Kukuhkan Rohidin Sebagai Pembina Tagana Bengkulu

KOTA BENGKULU – PLT Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, resmi dikukuhkan sebagai Pembina Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk wilayah Provinsi Bengkuku oleh Menteri Sosial RI, Idrus Marham, Jumat (11/5/2018) di Gedung Daerah Balai Raya Semarak, Bengkulu.

Tagana merupakan organisasi sosial yang bergerak dalam bidang penanggulangan bencana, hal ini mendorong Tagana memiliki tanggung jawab yang besar saat menangani bencana.

Pergerakan Tagana di lingkup Provinsi Bengkulu, dijelaskan oleh Rohidin, telah melaksanakan beberapa kegiatan , bahkan akan menetaskan kampung siaga bencana di beberapa kabupaten/kota.

“Beberapa waktu lalu, kita melaksanakan kemah Tagana di lingkup pemerintah Provinsi Bengkulu, dan kita juga sedang melaunching beberapa kampung siaga bencana dibeberapa kabupaten/kota,” ungkap Rohidin.

Diakui Rohidin, tujuan didirikannya kampung siaga bencana, karena Bengkulu termasuk kawasan rawan bencana, maka dilakukanlah pemberdayaan masyarakat sebagai upaya kesiapsiagaan menghadapi bencana bersama Kapolda Bengkulu.

“Karena Bengkulu ini memang secara alamiah termasuk zona yang rawan bencana. Kita semua paham bahwa bencana itu tidak mungkin untuk kita tiadakan, tapi yang bisa kita lakukan adalah pemberdayaan masyarakat agar betul-betul siap siaga menghadapi bencana,” tutur Rohidin.

Maka dikoordinasi oleh Kapolda, melalui CSR beberapa perusahaan yang ada di Bengkulu, kita dirikan celter di berbagai tempat di wilayah Selatan, tengah,dan utara dalam rangka pengamanan agar benar-benar zero exsiden,” demikian Rohidin.