Logo

Mengukur Kekuatan Dempo Xler, Kandidat Tersiap Pilgub Bengkulu 2024

BENGKULU – Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler mengaku persiapan untuk pertarungan di Pilgub Bengkulu 2024 telah dimulai. Ia menyebut tim pemenangannya sudah melakukan pergerakan dengan mengumpulkan KTP sebagai syarat dukungan maju melalui jalur independen.

“Kalau bicara kesiapan, tim kami sudah bergerakan sejak lama untuk mengumpulkan KTP sebagai dukungan dari masyarakat untuk kami maju dalam Pilgub Bengkulu,” ucap Dempo, Senin (8/04/2024).

Selain pengumpulan KTP, Dempo juga telah melakukan kunjungan ke setiap daerah di Provinsi Bengkulu. Agenda ini telah dilakukan sejak 2023 lalu, untuk memastikan persoalan yang ada di tengah masyarakat.

“Saya itu sudah keliling ke kabupaten kota sejak 2023 lalu, menyerap dan mendengar aspirasi masyarakat Provinsi Bengkulu. Ini akan dituangkan dalam visi misi serta program kami nanti untuk menyelesaikan persoalan yang ada di Provinsi Bengkulu,” ungkapnya.

Menurut Dempo, jalun independen merupakan pilihan yang tepat untuk menopang perjuangannya. Cara ini ditempuh agar proses pembangunan nantinya lepas dari intervensi politik. Meskipun saat ini ia masih tercatat sebagai anggota salah satu partai di Bengkulu.

“Jalur independen yang saya pilih bukan tanpa alasan, karena masyarakat meminta saya maju jalur perseorangan ini. Masyarakat ingin membangun Bengkulu tanpa intervensi partai politik,” terangnya.

Latar Belakang Dempo Xler

Pemuda kelahiran Desa Gajah Mati Kabupaten Bengkulu Tengah, 1 April 1986 itu bukanlah orang baru di dunia politik Bumi Rafflesia. Ia saat ini menjabat sebagai Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu.

Perjalanan politik Dempo ditempa sejak ia masih mejadi aktivis mahasiswa. Dempo Xler kala itu menjabat sebagai Presiden Mahasiswa (Presma) UNIB pada tahun 2007. a juga tercatat sebagai aktivis oragnisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bengkulu pada tahun 2008.

Perjalanan karirnya pun semakin menanjak ketika pada tahun 2013, Dempo Xler dipercaya sebagai Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bengkulu. Kemudian, momentum keberhasilannya terus berlanjut dengan terpilihnya Dempo sebagai Ketua Barisan Muda (BM) PAN Provinsi Bengkulu pada tahun 2016 lalu. Pada tahun yang sama dia juga menjadi pendiri Yayasan Wahana Muda Indonesia (WMI) di Jakarta.

Pada Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019, Dempo Xler terpilih sebagai Anggota DPRD Provinsi Bengkulu. Selama menjadi wakil rakyat dari dapil Kota Bengkulu, Dempo Xler terus mendedikasikan dirinya untuk masyarakat.

Dempo juga dipercaya memegang komando sebagai Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu pada tahun 2021. Urusan kesehatan, pendidikan, sosial, ketenagakerjaan menjadi fokus ia soroti.

Salah satu capaian gemilangnya, Dempo berhasil memperjuangkan program BPJS gratis melalui anggaran pajak rokok saat menjabat sebagai Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu. Tidak hanya itu, Dempo juga berhasil memperjuangkan Balai Pelatihan Kerja (BLK) menjadi Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) berskala nasional.

Dinilai berhasil memegang Ketua Komisi IV, Dempo Xler kembali dipercaya sebagai Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu pada awal tahun 2022. Urusan hukum, birokrasi, pemerintahan desa, kesejahteraan masyarakat dipikulnya hingga saat ini.

Dempo juga merupakan anggota DPRD Provinsi Bengkulu satu-satunya yang sering diundang ke perguruan tinggi untuk mengisi dialog dari berbagai isu daerah maupun nasional.

Tidak hanya itu, Pemuda dari desa ini, telah didaulat sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Pengajian Ilmu Tasawuf Thoriqoh Naqsyabandiyah Indonesia (PPITTNI), dalam sidang Muktamar ke II di Jakabaring Sport City Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Terakhir kedekatannya dengan semua kalangan, Dempo juga diamanahkan sebagai Ketua Jaringan Santri Indonesia (JSI) Provinsi Bengkulu, sejak tahun 2023 hingga saat ini.