Mengenal RSTG, Rumah Sakit yang Didominasi Perempuan di Kota Bengkulu

Mengenal RSTG, Rumah Sakit yang Didominasi Perempuan di Kota Bengkulu

Direktur RSTG, drg. Fitri Tiarasari Andrian. Foto, Gita/BN

BENGKULU – Rumah Sakit Tino Galo (RSTG) Kota Bengkulu resmi beroperasi setelah diresmikan pada Kamis (22/12/2022). Rumah sakit yang terletak di bekas Terminal Sungai Hitam, Muara Bangka Hulu, Kota Bengkulu ini merupakan RS pertama di Bengkulu dengan tenaga kerja didominasi perempuan.

Direktur RSTG, drg. Fitri Tiarasari Andrian, konsep ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi pasien perempuan, terutama saat membutuhkan pelayanan khusus dari rumah sakit.

“Menurut konsepnya RSTG ini mengkhususkan tenaga kerjanya yang memang perempuan semua. Dengan harapan memberi kenyamanan untuk pasien yang berobat dan meminta pelayanan kesehatan khusus perempuan,” ujarnya pada bengkulunews.co.id, Kamis (12/01/2023).

Namun, kata Fitri, RSTG tidak membatasi jenis kelamin pasien yang ingin berobat. Terlebih saat dalam keadaan gawat darurat.

“Konsep ini bukan berarti RSTG akan membatasi pelayanan, untuk pasien-pasien gawat darurat kami tidak melihat jenis kelamin, jadi walaupun laki-laki akan tetap kami bantu tangani,” jelasnya.

RSTG ini memang mengedepankan pelayanan Rumah Sakit untuk Ibu dan anak, dengan adanya tenaga kerja mulai dari keamanan hingga para staff rumah sakit merupakan perempuan.

Ibu-ibu yang dilayani di rumah sakit ini tidak hanya ibu yang sedang hamil dan ingin melahirkan saja. Ada juga calon-calon ibu muda yang memang ingin mendapatkan konsultasi kesehatan dan pengarahan kusus perempuan.

Fitri juga menjelaskan RSTG ini juga masih dalam tahap peningkatan pelayanan mengingat mereka yang masih terbilang baru, jadi segala upaya demi kemudahan memang sedang ditingkatkan.

“ Untuk pelayanan rumah sakit masih dalam tahap proses peningkatan layanan, mulai dari isi rumah sakit juga pelayanan pembayaran sperti BPJS yang sedang kami urus untuk bisa digunakan di RSTG ini,” jelasnya.

Ia juga berharap nantinya RSTG ini bisa membantu banyak ibu dan anak dalam pelayanan Kesehatan, juga memberikan kemudahan bagi mereka yang membutuhkan pelayanan kesehatan RSTG.

Baca Juga
Tinggalkan komen