Mengenal Fenomena MJO, Penyebab Curah Hujan Tinggi

BMKG Peringatkan Masyarakat Waspada Hujan Lebat Tiga Hari ke Depan. Dok,BN

MJO atau Madden-Julian Oscillation adalah suatu fenomena fluktuasi utama dalam cuaca tropis pada rentang waktu mingguan hingga bulanan.

MJO dapat dicirikan sebagai ‘denyut’ awan dan curah hujan yang bergerak ke arah timur di dekat khatulistiwa yang biasanya berulang setiap 30 hingga 60 hari.

Bengkulu merupakan kawasan tropis di Indonesia yang kerap mengalami curah hujan tinggi, BMKG Fatmawati Bengkulu menjelaskan curah hujan tinggi yang terjadi di Kota Bengkulu juga terjadi akibat adanya fenomena MJO ini.

Fenomena MJO ini terjadi akibat adanya gangguan dinamika atmosfer yang berada di Samudera Hindia. Selain itu, adanya suplai air dari Samudera Hindia yang menyebabkan adanya pertemuan angin (konversi) dan belokan angin di wilayah Bengkulu, mengingat Bengkulu adalah kawasan pesisir yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia maka menyebabkan fenomena ini kerap terjadi.

Akibatnya, wilayah di Provinsi Bengkulu seperti Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Lebong, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Kabupaten Seluma, Kabupaten Bengkulu Selatan, dan Kabupaten Kaur berpotensi terjadi hujan.

Fenomena MJO ini menyebabkan hujan yang akan turun di wilayah tersebut memiliki intensitas sedang hingga lebat yang disertai dengan petir serta angin kencang berdurasi singkat.

Melansir dari laman resmi BMKG Fatmawati Bengkulu, pantauan curah hujan terbaru sebagai berikut :

  1. Bulan Desember 2022 :Peluang curah hujan bulanan di atas 150 mm/bulan untuk wilayah Provinsi Bengkulu seluruhnya berkisar 90,1 -100%.
  2. Bulan Januari 2023 :Peluang curah hujan bulanan di atas 150 mm/bulan untuk wilayah Provinsi Bengkulu seluruhnya berkisar 90,1 -100%.
  3. Bulan Februari 2023 : Peluang curah hujan bulanan di atas 150 mm/bulan untuk wilayah Provinsi Bengkulu seluruhnya berkisar 80,1 -100%.
  4. Bulan Maret 2023 : Peluang curah hujan bulanan di atas 150 mm/bulan untuk wilayah Provinsi Bengkulu seluruhnya berkisar 80,1 -100%.
  5. Bulan April 2023 : Peluang curah hujan bulanan di atas 150 mm/bulan untuk wilayah Provinsi Bengkulu seluruhnya berkisar 70,1 -100%.
  6. Bulan Mei2023 : Peluang curah hujan bulanan di atas 150 mm/bulan untuk wilayah Provinsi Bengkulu pada umumnya berkisar antara50,1 -100%, kecuali Sebagian kecil Wilayah Kabupater Rejang Lebong yang memiliki peluang 40,1 –50 %.

Penulis : Zagita Allifya

Baca Juga
Tinggalkan komen