Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Membeli Cenderamata Kerajinan Kulit Lantung dari Bengkulu

KOTA BENGKULU – Kerajinan kulit lantung merupakan salah satu kerajinan yang harus dibawa pulang sebagai cenderamata dari Bengkulu. Kerajinan ini dijual dengan bentuk bermacam-macam, seperti peci, tas bahkan kain hingga baju.

Ada juga bentuk lain yang pastinya dapat membangkitkan kenangan wisatawan saat berkunjung ke Bengkulu. Kerajinan kulit lantung kini banyak ditemukan di toko-toko di Kota Bengkulu. Umumnya kulit lantung dijual dalam bentuk gantungan kunci, bingkai foto dan dompet.

Soal harga bervariasi. Harga biasanya disesuaikan dengan ukuran dan kerumitan bentuk yang dibuat. Paling murah bisa dihargi Rp 5 ribu sedangkan untuk paling mahal biasanya mencapai ratusan ribu rupiah.

DSC 0274 scaled
Produk dari bahan kulit lantung. Foto, BN

Kerajinan ini merupakan buah kreatifitas warga Bengkulu dalam mengolah kulit kayu. Umumnya kulit kayu yang diambil berasal dari kayu yang bergetah seperti dari pohon karet hutan, pohon ibuh dan terap.

Pembuatan lantung dimulai dari memotong pohon karet hutan, ibuh dan terap untuk diambil kulitnya sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Kulit ini kemudian dipukul-pukul dengan alat pemukul kayu hingga menjadi lembaran yang tipis.

Semakin tua kulit kayu yang diambil maka kualitas lantung dibuat juga akan semakin bagus. Lantung yang berkualitas baik biasanya berwarna cokelat, ini biasanya didapat dari pohon kayu karet hutan.

Jadi jangan ragu soal kualitas. Produk yang dihasilkan dari kulit lantung terjamin awet dan tahan lama. (Adv)

Baca Juga
Tinggalkan komen