Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Makna Kepahlawanan bagi Generasi Berencana di Bengkulu

BENGKULU – Generasi Berencana (GenRe) Bengkulu bersama BKKBN Provinsi Bengkulu melaksanakan kegiatan Heroes Camp (Latihan Gabungan PIK-R Seprovinsi Bengkulu). Kegiatan tersebut, berlangsung di Taman Wisata Bhadrika, Kota Bengkulu, Minggu (12/11/2023).

Kegiatan ini diisi oleh Talkshow, Fashionshow Cosplay costum pahlawan, serta tiktok challange.

Duta Genre Indonesia 2023, Choirunnisa menyampaikan, sederet rangkaian kegiatan Heroes camp ini diadakan untuk mengenang dan mengenalkan jasa-jasa pahlawan dan ajang bagi PIK-R se-Provinsi Bengkulu dalam berkompetisi dan bertukar pendapat.

“Kami remaja yang tergabung dalam Pik-R se Provinsi Bengkulu, bersama-sama merayakan hari pahlawan dengan cara memanfaatkan masa remaja dengan cara yang bermanfaat,” katanya pada BengkuluNews.co.id, Minggu (12/11/2023).

Menurutnya, generasi muda memiliki tanggung jawab untuk menghargai serta merenungkan arti dari peristiwa bersejarah. Cerita tentang perjuanagan disebut penting dipahami sebagai panduan dalam menjalani hidup berbangsa dan bernegara.

PIK-R Cultur Smansa Bengkulu Selatan, Muhammad Sami Arkan menuturkan makna pahlawan bagi dirinya adalah sesorang yang mampu bekerja tanpa upah, mampu berjuang tanpa pamrih dan mampu menempatkan dirinya di mana pun ia berada.

“Panutan saya itu Habibie, karena dia sosok yang cerdas, tanpa pamrih dan dia mencintai seseorang itu setulus hati sama seperti dia mencintai Ainun,” katanya.

Senada, Tiara Anissa puspita Sari memaknai pahlawan sebagai orang-orang yang bekerja keras, menolong tanpa jasa, berani membela kebenaran dan seseorang yang gigih tanpa pamrih.

“Saya terinspirasi dengan sosok Ainun, karena dia sosok perempuan yang setia menemani habibie dari titik terendah sampai habibie berhasil,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Duta Genre Indonesia 2023, Danny berharap para remaja mampu memetik pengalaman dan dapat merepresentasikan arti pahlawan di dalam kehidupannya.

“Semoga remaja se provinsi Bengkulu dapat menjadi subjek pembangunan Bangsa, bergerak bersama bagi lingkungan karena kita hebat jika kita mampu bermanfaat,” tutupnya.

Baca Juga
Tinggalkan komen