Logo

LKPJ, Dewan Beri ‘Kopelan’ untuk Pemkot Bengkulu

Penyerahan catatan strategis atas hasil pemeriksaan LKPJ Kota Bengkulu tahun anggaran 2016

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu, mengeluarkan beberapa catatan atau ‘kopelan’ strategis terhadap Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu, tahun 2016.

Dalam catatan tersebut, dewan meminta Pemkot untuk memperbaiki kinerja di seluruh Organisai Perangkat Daerah (OPD).

Pasalnya, dalam hasil pemeriksaan panitia khusus DPRD, hampir semua program yang direncanakan eksekutif tidak terealisasi dengan baik.

”Ini bisa jadi acuan pada pemerintah kota, untuk melakukan perbaikan-perbaikan kedepan. Soalnya, dari seluruh OPD hanya satu yang dalam pemeriksaan pansus kinerjanya baik, sisanya tidak,” kata Erna, usai sidang paripurna penyampaian hasil keputusan DPRD terhadap LKPJ Pemerintah Kota, Senin (5/6/2017).

”Untuk itu, kita berikan beberapa catatan strategis dan rekomendasi agar kedepannya dibenahi oleh Pemerintah Kota,” sambung Erna.

Beberapa catatan yang disampaikan dewan, diantaranya terkait minimnya serapan anggaran, informasi pertumbuhan ekonomi yang tidak lengkap, tidak adanya prioritas pembangunan yang jelas, serta sektor penerimaan PAD yang tidak maksimal.

”Apakah kinerjanya yang kurang maksimal atau Wali Kota nya yang tidak memiliki strategi pembangunan?. Tidak ada info yang kredible, kurangnya serapan anggaran serta PAD yang tidak mencapai target,” sampai Erna.

Atas hasil ini, kata Erna, Pemkot harus benar-benar memperbaiki kinerjanya sehingga seluruh permasalahan yang dikritisi dewan dalam LKPJ nya dapat diterapkan dengan baik.

Baca juga : OPD Sepi, Anggota Dewan Protes