Logo

Listrik di Daerah Ini Padam karena Hewan

KOTA BENGKULU – Pemadaman aliran listrik di kawasan Kandang Limun, tepatnya di UNIB belakang beberapa waktu lalu, dibeberkan Manager PLN UP3 Bengkulu Nova Sagita, karena ada gangguan binatang.

Menurutnya, kerusakan aliran listrik tidak hanya dapat disebabkan oleh angin kencang saja, tetapi juga dapat disebabkan oleh binatang, seperti tupai, ular, monyet, dan sebagainya.

“Kasus listrik tiba-tiba padam itu setelah kita cek ternyata karena adanya binatang yang ada pada jaringan listrik,” kata Nova, Selasa (05/02).

Hal itu diketahui, sambung Nova, setelah petugas PLN menemukan penyebab dari padamnya listrik di kawasan UNIB belakang. Bukan karena adanya gangguan gardu, tetapi, kata Nova karena hewan yang tersangkut maupun yang melintas di jaringan listrik.

Selain itu, meski kejadian tersebut terbilang cepat dan relatif mudah diatasi, petugas PLN Area Teluk Segara, melakukan cara untuk mengantisipasi agar kejadian akibat gangguan hewan ini tak terulang kembali.

Cara yang dilakukan oleh petugas ialah dengan memangkas ranting dan pohon yang berada di dekat kabel jaringan PLN tersebut.

“Kita pangkas pohon dan ranting yang ada di sekar kabel jaringan, sehingga binatang seperti tupai dan lainnya tidak melintas ke tiang dan jaringan PLN,” papar Ryan Patriansyah, Manager Unit Layanan Pelanggan Teluk Segara.