Bengkulu News #KitoNian

Lima Objek Wisata Favorit di Bengkulu untuk Nikmati Libur Lebaran

Benteng Marlborough. Salah satu objek wisata unggulan Provinsi Bengkulu. Foto, Dok BN

Libur lebaran adalah waktu yang tepat untuk mengisi kembali energi bersama keluarga, pasangan ataupun kerabat. Moment ini biasanya diisi dengan liburan ke tempat-tempat wisata favorit. Di Bengkulu terdapat sejumlah tempat menarik yang bisa dijadikan rekomendasi untuk menghabiskan waktu liburan.

1. Kota Tuo

Objek Wisata Kota Tuo, Dok.BN

Kolaborasi Pemerintah Pusat dan Kota Bengkulu berhasil mengubah tempat yang dikenal dengan wilayah kumuh ini menjadi salah satu objek wisata yang kini diminati masyarkat. Namanya “Kota Tuo”.

Soal pemandangan jangan ditanya. Sambil berjalan di atas beton yang kokoh, wisatawan akan dihibur dengan pemandangan persawahan dan muara sungai yang menganga menuju ke laut.

Beton yang dibangun tepat di tepi sungai ini membuat pengujung seolah berdiri di atas air. Bangunan dengan panjang kurang lebih 100 meter itu juga dilengkapi pengaman yang bisa digunakan untuk bersandar. Jadi pengunjung tidak perlu takut terjatuh ke dalam sungai.

Jika berniat ke sini, pengunjung dapat menempuh jalur darat dari arah terminal Sungai Hitam sekira 8 km atau bisa memotong melalui jalan di kelurahan Rawa Makmur menuju ke jembatan Kualo.

2. Hutan Mangrove Kampung Sejahtera

Taman Wisata Hutan Mangrove. Foto, Dok.BN

Suasana yang tenang, permukaan air payau yang hijau menjadi ciri dari lokasi perkampungan nelayan ini. Deretan kapal kayu terparkir rapi pada dinding pelabuhan kecil yang dibangun pemerintah beberapa waktu lalu. Tempat ini diberi nama ‘Kampung Sejahtera’

Mengunjungi tempat ini tidak memerlukan karcis masuk. Pengunjung hanya perlu membayar parkir Rp. 2 ribu untuk kendaraan bermotor dan Rp 5 ribu untuk kendaraan roda empat. Tapi beda cerita kalau pengunjung ingin menjelajahi hutan mangrove dengan menggunakan kapal.

Untuk menaiki kapal, pengunjung dikenakan tarif bervariasi, tergantung keramaian dan jumlah anggota yang diajak. Umumnya tarif berkisar antara Rp. 25 ribu hingga Rp. 100 ribu. Tarif ini tidak baku, sesekali pengunjung dapat harga murah sesuai dengan lobi ke pemilik kapal. Semakin banyak anggota biasanya semakin murah.

Tempat ini berada di sekitar pelabuhan Pulau Baai, Kelurahan Sumber Jaya, Kota Bengkulu, sekira 15 kilometer dari pusat kota.

3. Danau Dendam

Danau Dendam. Foto, Dok.BN

Eitss!! Jangan salah, danau ini tidak menyimpan dendam kok. Nama Dendam hanya penyebutan dari berberapa cerita tentang danau ini. Konon, berdasarkan cerita masyarakat sekitar, nama itu diambil dari nama dam/waduk yang tidak selesai dibangun oleh kolonial Belanda.

Danau ini berlokasi di Kelurahan Dusun Besar, Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu. Danau Dendam Tak Sudah memiliki luas keseluruhan 559 hektare dan luas permukaan 68 hektare.

Pengunjung dari arah Kepahiang bisa menuju ke tempat ini langsung dari pertigaan Brimob di Kelurahan Surabaya atau melalui jalan danau dari arah Kota Bengkulu.

4. Benteng Marlborough

Benteng Marlborough. Salah satu objek wisata unggulan Provinsi Bengkulu. Foto, Dok BN

Benteng ini berada di atas tanah seluas 44.000 meter2. Ukuran bangunan berkisar 240 x 170 m. Jika dilihat dari atas, benteng ini berbentuk kura-kura dengan ketinggian dinding mencapai 8 meter dan ketebalan hingga 3 meter.

Benteng ini buka setiap hari dari pukul 08.00 wib hingga 17.00 wib. Pintu masuk utama berada persis menghadap kampung Cina dengan dua gerbang besar yang dihubungkan dengan jembatan di atas parit. Untuk masuk ke dalam benteng, pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp 5 ribu.

Benteng Malrborough tereletak tidak jauh dari pusat Kota Bengkulu. Pengunjung bisa mengakses lokasi ini dari Simpang Lama atau Masjid Jamik. Dari Masjid Jamik, wisatawan bisa berkendara lurus ke arah Polres Bengkulu hanya dalam waktu kurang dari 10 menit. Dari situ wisatawan sudah bisa melihat salah satu ikon sejarah Tugu Thomas Parr dan menandai wisatawan telah sampai di lokasi.

Dari tempat ini wisatawan juga bisa mengakses lokasi lain seperti Pantai Jakat, Kampung Cina, Tapak Paderi dan Pantai Malabero.

5. Pantai Panjang

Pantai Panjang. Foto, Dok.BN

Objek yang satu ini bukan menjadi rahasia lagi. Salah satu tempat yang paling dituju oleh wisatawan saat lebaran adalah pantai panjang. Tempat ini merupakan ikon wisata Provinsi Bengkulu. Di sini juga banyak spot menarik lain, seperti taman bonsai, taman berkas, pasir putih hingga Kota Tuo.

Titik tengahnya berada di kawasan Sport Center, sekitar 500 meter dari pusat perbelanjaan Bencoolen Indah Mall (BIM). Wisatawan bisa mengeksesnya dari pintu di sekitar BIM, Pasir Putih, Rawa Makmur dan Bajak. Untuk lebaran umumnya jalan hanya dibuka satu jalur. Jadi agar dapat menikmati semuanya pengunjung direkomendasikan masuk melalui pintu pasir putih.

Baca Juga
Tinggalkan komen