Logo
wisata Air Terjun bengkulu

Lima Air Terjun di Bengkulu yang Sayang Dilewatkan Wisatawan

Bengkulu menjadi salah satu daerah di Indonesia yang menawarkan banyak tempat wisata. Tidak haren jika daerah yang satu ini kerap didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Salah satu tempat wisata yang populer dan banyak dijumpai di Bengkulu adalah wisata air terjun.

Objek wisata air terjun di Bengkulu memiliki daya tarik tersendiri, terlebih bagi para pecinta alam. Medan yang harus dilalui untuk sampai ke destinasi air terjun di Bengkulu sangat menantang hal inilah yang membuat keseruan tersendiri.

Berikut 5 air terjun di Bengkulu yang wajib kalian kunjungi saat berlibur di Bengkulu, Sayang banget kalau sampai melewatkan wisata air ini:

  1. Air Terjun Curug Sembilan

    Air Terjun Curug Sembilan

    Air Terjun Curug Sembilan foto : Google Maps

Air terjun ini dikenal dengan air terjun 9 tingkat yang sangat memanjakan mata lantaran 9 tingkat air terjun tersebut bisa dilihat langsung secara bersamaan dengan aliran sungai tempat tumpahan air terjun tersebut. Pemandangan yang disajikan tempat ini sungguh luar biasa. Derasnya aliran air terjun terasa sangat menyegarkan. Apalagi dengan banyaknya pepohonan hijau yang lebat di kanan dan kirinya. Tentu akan menambah suasana sejuk di Curug 9 ini.

Air yang sangat dingin dan udara yang segar, sangat tepat untuk menjadikan tempat ini melepas penat wisatawan  yang ingin melakukan wisata alam diwilayah Bengkulu Utara. Bakhan air terjun semacam ini disebut satu-satuntya yang ada di Provinsi Bengkulu.

Untuk menuju curug 9, kalian harus melintasi hutan Lindung Boven Lais dengan kendaraan khusus. Tak hanya itu kalian juga harus berjalan kaki sekitar 1 jam lebih menuju lokasi air terjun dengan melintasi tebing terjal. Namun kalian bisa menikmati sejuknya udara hutan saat menuju lokasi air terjun.

Curug Sembilan ini terletak di Desa Tanah Hitam, Marga Sakti, Kecamatan Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara.

  1. Air Terjun Curug Embun
Air Terjun Curug Embun foto: Google Maps

Air Terjun Curug Embun foto: Google Maps

Air terjun satu ini terletak di Provinsi Bengkulu. Tepatnya di Jalan. Perum Kepahiang beringin tiga desa tapak gedung, Kabupaten Kepahiang. Air terjun curug Embun bisa kalian tempuh dalam waktu 2 jam jika ditempuh dengan kendaraan motor ataupun mobil. Air terjun curug Embun ini memiliki ketinggian lebih dari 100 meter. Sesampai di air terjun curug Embun kalian dapat merasakan kesejukan hawa segar dan dingin saat kita berada 10 meter dari air terjun ini.

Menjelang tiba di lokasi Anda sudah terhibur oleh keindahan panorama sekitar. Bisa menikmati keindahan persawahan dan kebun-kebun warga. Di latar belakang tampak perbukitan yang seakan berbaris memanjang. Kalian sudah bisa merasakan sejuknya udara sambil memandang keindahan alam di perjalanan.

Dari area parkir menuju lokasi curug, Anda masih harus berjalan sekitar 200an meter. Melewati jalan setapak yang menurun. Tiba di lokasi kalian akan disambut dengan embun-embun yang terbawa oleh angin. Memberikan kesegaran di tubuh setelah sedikit lelah selama di perjalanan.

  1. Air Terjun Palak Siring Kemumu
Air Terjun Palak Siring Kemumu Foto : Google Maps

Air Terjun Palak Siring Kemumu Foto : Google Maps

Air terjun palak siring Kemumu berlokasi di Wisata Palak Siring Kemumu Kelurahan Kemumu Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Air terjun palak siring memiliki pemandangan yang cantik dengan suasana yang asri. Untuk sampai ke lokasi ini bisa menggunakan kendaraan seperti mobil dan motor. Jika dari Bengkulu butuh waktu 2 jam dan kalau darai Kota Argamakmur cukup 30 menit saja.

Setibanya dilokasi parkir, kalian harus berjalan menuruni anak tangga, kalian akan langsung di suguhkan dengan pemandangan alam sekitar yang asri dengan pepohonan yang rindang dan udara yang sejuk.

  1. Air Terjun Mandi Angin
Air Terjun Mandi Angin Foto : Google Maps

Air Terjun Mandi Angin Foto : Google Maps

Air Terjun Mandi Angin yang berada di Desa Air Berau, Kecamatan Pondok Suguh, Kabupaten Mukomuko. Air terjun yang terletak di dalam kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT) ini diklaim sebagai yang tertinggi di Bengkulu dengan ketinggian mencapai 80 meter.

Air terjun ini dinamakan Mandi Angin, karena kalau kamu berada di jarak 50 meter dari titik air jatuh, maka pakaianmu akan basah oleh air yang terbawa angin. Di sekitar air terjun, kamu juga akan dimanjakan dengan keindahan alam yang masih sangat alami dan mempesona.

5. Curug Gay

Satu lagi air terjun yang layak dikunjungi, Curug Cay namanya. Lokasinya berada di Desa Bukit, Kecamatan Talang Empat, Kabupaten Bengkulu Tengah. Kalian bisa menempuh perjalanan darat dari Bengkulu dengan jarak sekitar 25 kilometer, estimasi waktu tempuh 45-60 menit.

Sesampainya di lokasi, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun setinggi sekitar 12 meter. Tepat di bawah air terjun terdapat sebuah kolam seluas 15 hingga 20 meter. Airnya dingin dan jernih dengan kedalaman berkisar tiga meter.