Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Lembut dan Gurihnya Bay Tat, Kuliner yang Digemari Semua Kalangan

KOTA BENGKULU – Satu lagi makanan khas Bengkulu yang paling banyak digemari, yakni Bay Tat. Kata Bay Tat berasal dari ‘Bay’ yang berarti induk dan ‘Tat’ dari kata Tart atau kue.

Makanan ini dulunya hanya disajikan dalam acara-acara tertentu khususnya untuk keluarga bangsawan. Namun seiring berjalannya waktu Bay Tat dihidangkan sebagai makanan pada perayaan khusus untuk semua kalangan masyarakat.

Rasanya juga beragam, tapi yang paling umum adalah rasa nanas. Buah ini diletakkan sebagai selai pelapis di tengah dan di inti Bay Tat. Ini membuat rasanya semakin nikmat.

Selain nanas sebagai perasa, Bay Tat dibuat dengan menggunakan campuran tepung gandum, gula pasir, telur ayam, mentega dan santan kelapa. Adonan ini kemudian akan dipanggang hingga mengeluarkan aroma santan yang mengundang selera.

WhatsApp Image 2021 12 07 at 17.24.27
Bay Tat. Foto, BN

Karena penggemar makanan satu ini cukup banyak, Bay Tat kini bisa dijumpai dengan mudah. Jika berkunjung ke Kota Bengkulu, makanan ini bisa ditemui di pusat oleh-oleh simpang lima Ratu Samban.

Di Kota Bengkulu, makanan berwarna coklat muda ini dijual sesuai dengan ukuran. Biasanya harga berkisar Rp 30 ribu hingga Rp 50 ribu tergantung bentuk dan ukuran yang diinginkan.

Bay Tat yang dijual bisanya memiliki dua bentuk, yakni bulat dan berbentuk kotak. Bentuk ini adalah yang paling simple dari bentuk lain seperti bentuk bintang atau bentuk lainnya.

Sebelum dihidangkan, Bay Tat baiknya dipotong terlebih dahulu sesuai dengan garis yang sudah dibuat. Jika tidak mau repot, Bay Tat bisa dimakan sekaligus.

Kue ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh karean daya tahannya yang juga cukup lama. Jadi tunggu apa lagi, segera beli!! (red/adv)

Baca Juga
Tinggalkan komen