Logo
Dempo Xler

Layanan Cuci Darah di Bengkulu Telah Dioptimalkan

Gubernur pada peringatan Hari Ginjal Sedunia (World Kidney Day), Minggu (12/03/2023).

Gubernur pada peringatan Hari Ginjal Sedunia (World Kidney Day), Minggu (12/03/2023).

BENGKULU – Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan, saat ini layanan cuci darah di Bengkulu telah ditingkatkan. Klaim ini menyusul telah diresmikannya gedung baru Instalasi Hemodialisis, pekan lalu.

Ia juga mengimbau Pemda kabupaten kota menyiapkan sarana prasarana dan fasilitas serupa, untuk menjamin kualitas pelayanan cuci darah bagi pasien ginjal. Ini disampaikan gubernur pada peringatan Hari Ginjal Sedunia (World Kidney Day), Minggu (12/03/2023).

“Selamat Hari Ginjal Sedunia, kita semua paham bahwa ginjal merupakan organ yang sangat vital. Kita telah menyiapkan lebih dari 50 alat untuk penanganan cuci darah, jadi ini menurut saya sudah sangat representatif,” ungkap gubernur.

Lanjut Gubernur Rohidin, lebih dari itu tindakan-tindakan preventif dan promotif tetap harus dilakukan, agar bagaimana masyarakat memang sejak dini sudah bisa menjaga ginjalnya supaya tetap sehat baik dari cara pola makan kemudian pola hidup.

“Jadi kalau sudah ginjalnya rusak bahkan sudah tidak berfungsi, memang penanganannya cuci darah. Tapi sangat disayangkan jika itu terjadi, karena cuci darah itu butuh biaya yang cukup besar,” imbuhnya.

Ketua Ikatan Perawat Dialisis Indonesia (IPDI) Bengkulu M. Arrayan mengatakan, peringatan World Kidney Day di Provinsi Bengkulu, bertajuk ‘Kesehatan Ginjal Untuk Semua, Mempersiapkan Yang Tak Terduga, Mendukung Yang Rentan’ diharapkan mampu menjadi spirit bagi IPDI Bengkulu untuk terus meningkatkan pelayanan kepada pasien hemodialisis.

“Apalagi saat ini di RSUD M. Yunus alat untuk cuci darah telah ditambah, baik dari sisi jumlah maupun kualitas. Terima kasih juga pak Gubernur telah memfasilitasi peringatan Hari Ginjal Dunia hari ini,” ungkapnya.