Logo

KPU Kota Selesaikan 2.000 Kotak Suara Berbahan Kardus

KOTA BENGKULU – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu, Zaini menjelaskan, perakitan kotak suara berbahan kardus sudah berlangsung selama empat hari.

Dalam kurun waktu empat hari tersebut, KPU Kota dengan mengerahkan belasan karyawan KPU telah merakit sekiranya 2,000 kotak suara, dan terakhir sore lalu hanya sekira 10 kotak yang cacat dan kerusakan itu sendiri akan segera dilaporkan oleh pihak pengada.

“Sudah empat hari, dan alhamdulillah sudah hampir 2,000 kotak yang kita rakit, sisanya akan kita lanjutkan beberapa hari kedepan, dan baru 10 kotak yang dinyatakan rusak, nanti akan kita laporkan,” ujar Zaini, Rabu (6/2).

Lebih lanjut Zaini menargetkan, perakitan kotak suara akan selesai dalam waktu satu minggu untuk ribuan TPS yang ada di Kota Bengkulu saat pemilihan April mendatang.

“Kita targetkan satu minggu selesai setelah itu kita akan merencanakan persiapan surat suara,” imbuhnya.

Jumlah kotak suara, yang harus dirakit oleh KPU Kota berdasarkan jumlah pemilih di Kota, berjumlah sekiranya 50,035 kardus, dan diakui Zaini tidak ada kesulitan karena seluruh alat dan bahan serta kebijakan diarahkan langsung oleh KPU RI.

“Kesulitan tidak ada, hanya saja merakit ini butuh ketelitian, jadi kerjanya santai tapi memakan waktu yang cukup lama,” demikian Zaini.