Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Kisah Sang Juara Astronomi OSN Jenjang SMA Tingkat Provinsi Bengkulu 2023

BENGKULU – Olimpiade Sains Nasional (OSN) menjadi pintu bagi Ikhwan Rauly untuk menjemput mimpinya. Siswa yang duduk di SMA N 5 Bengkulu Utara ini berhasil menyabet juara satu cabang Astronomi Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang SMA/MA tingkat Provinsi Bengkulu 2023.

Ikhwan panggilan akrabnya, mengaku dirinya mulai menyukai Astronomi ketika ia duduk di bangku XI SMA, menurutnya Astronomi sangat menyenangkan karena berhubungan dengan luar angkasa dan juga mempelajari hal-hal indah lainnya seperti bintang.

“Aku awalnya tertarik sama matematika cuma karena nilainya kurang jadi aku coba-coba masuk astronomi, eh ternyata astronomi menyenangkan soalnya banyak berhubungan dengan luar angkasa. Itu yang membuat aku jadi suka dan tertarik dengan Astronomi,” kata Ikhwan.

Ikhwan Rauly
Ikhwan Rauly

Dikatakannya prestasi yang ia raih saat ini merupakan prestasi pertamanya, ia merasa sangat bangga dan bersyukur atas apa yang sudah ia raih. “Senang dan bersyukur sekali bisa mengukir prestasi pertama ini dengan maju mewakili sekolah ke tingkat Provinsi,” tambahnya.

Dalam menghadapai pertandingan OSN siswa kelas XII ini giat berlatih menggunakan soal-soal dan buku-buku Astronomi secara mandiri. Hanya butuh waktu selama satu minggu ia mempersiapkan Olimpiade Astronomi ini.

“Dalam menghadapi pertandingan aku belajar selama satu minggu full sebelum olimpiade dimulai, disini aku benar-benar belajar dengan tekun,” ungkapnya.

Ikhwan Rauly
Ikhwan Rauly

Menurut Ikhwan, prestasi yang diraihnya tak lepas dari dorongan dan dukungan keluarga “Selain doa, dorongan dan dukungan keluarga juga membuat saya semangat dalam mengikuti Olimpiade ini kak,” Jelasnya.

Selain kebanggaannya menjadi pemenang Ikhwan juga mengatakan bahwa, Astronomi membuatnya jadi lebih banyak tahu tentang benda-benda di luar angkasa, dan membuatnya menjadi semakin tahu detail bintang-bintang di langit.

Prestasi Ikhwan di Olimpiade Sains Nasional diharapkannya dapat menjadi salah satu batu loncatan untuk meraih prestasi-prestasi lainnya yang lebih tinggi kedepannya.

“Semoga ketika saya tamat sekolah nanti, saya dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi dan menjadi orang yang sukses,” tutupnya.

Ikhwan Rauly
Ikhwan Rauly
Baca Juga
Tinggalkan komen