Logo

Kapal Berbendera Asing Terdampar di Penago

SELUMA, bengkulunews.co.id – Sebuah kapal berbendera Malaysia terombang-ambing di lima mil perairan pantai Penago I, Kecamatan Ilir Talo, Kabupaten Seluma. Nelayan setempat berhasil menyelamatkan tujuh orang awak kapal berkewarganegaraan Spanyol.

Danposal Pasar Seluma Pelda Ede Vitransyah menjelaskan, kapal yang dinahkodai oleh Alfred, awalnya berangkat dari Bali untuk surfing di Pantai Krui, Provinsi Lampung. Setelah beberapa hari surfing kapal berencana melanjutkan perjalanan ke Malaysia.

”Tetapi ketika melintas disekitar perairan Kabupaten Bengkulu Selatan mengalami kerusakan digearbox mesin, hingga tiga malam didaerah itu, akhirnya bergeser ke arah perairan Pantai Penago, beruntung kapal nelayan lewat areal itu,” kata Ede, Jumat (29/4/2017).

Setelah berada didaratan, pihak Danposal langsung melakukan penyelidikan dan diperoleh informasi awak kapal tersebut diantaranya bernama Cabezuelo Castillo (31), Pardinas Saez(30), Aznar Garcia(28), Guho Trillo (31) dan Alferd (34).

Selain itu, kapal dan keterangan keimigrasian WNA tersebut memiliki dokumen lengkap termasuk dokumen perjaanan kapal yang ditumpangi.

Saat ini tiga orang awak kapal memilih kembali ke Krui dan tiga orang lagi ke Kota Bengkulu, untuk membeli onderdil mesin kapal untuk diperbaiki dan satu orang lagi ditinggal di kapal.

”Untuk evakuasi telah kita lakukan, namun sejauh ini apakah di tarik ke Bengkulu atau tetap berada di Perairan penago I masih menunggu petunjuk dari Lanal bengkulu,” pungkas Ede.

Pihak Danposal tengah berkoordinasi dengan Komandan Kapal Pulau Mego Kapten Laut(P) Bagus Setiawan, untuk dilakukan evakuasi di tarik menuju Pelabuhan Pulau Baai atau tetap berada di lokasi.