Logo

Kaki Beruang yang Terjerat Tali Tambang di Mukomuko Diamputasi

Kaki Beruang yang Terjerat Tali Tambang di Mukomuko Diamputasi

BENGKULU – Kaki bagian kanan seekor beruang madu berjenis kelamin betina yang terjerat tali tambang di lokasi perkebunan sawit yang ada di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu diamputasi.

Tindakan amputasi tersebut dilakukan lantaran kaki beruang madu itu sudah tidak bisa disembuhkan lagi. Jika tidak segera diamputasi, dikhawatirkan akan membusuk dan menjalar ke bagian tubuh lainnya.

“Waktu kita temukan itu sudah putih sekali, sudah nampak tulangnya. Akhirnya kita lakukan penindakkan, karena tidak bisa lagi diselamatkan akhirnya kita lakukan pemotongan,” kata Delfi Andra, PLH Kepala Bksda Bengkulu – Lampung, Selasa (25/06/2024).

Saat ini beruang madu tersebut tengah di rawat di kandang transit di pemeliharaan Seblat untuk pemulihan. Delfi Andra menyebut, untuk pelepasan liar kembali perlu untuk dikaji ulang.

Sebab, jika dilepas dengan kondisi beruang yang sedang sakit, maka beruang tidak bisa untuk bersaing di alam liar. Karena fungsi tangan sangat penting untuk beruang melakukan aktivitas seperti makan dan aktivitas lainnya.

“Sekarang kita rawat di kandang transit di pemeliharaan Seblat. Untuk lepas liar itu kita perlu kaji lagi. Karena ia nanti tidak bisa bersaing di alam dengan kondisi seperti itu,” tambahnya.