Logo

Kadisdukcapil Se-Provinsi Bengkulu Terima SK Mendagri

bengkulunews.co.idGUBERNUR Bengkulu melaui Sekretaris Daerah Provinsi serahkan petikan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) kepada Bupati dan Walikota untuk diteruskan kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten dan Kota se-Provinsi Bengkulu. Penyerahan yang disaksikan langsung Kepala Daerah digelar pada Senin (21/3) di ruang pola Bappeda Provinsi Bengkulu.

Petikan keputusan Mendagri tersebut tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan pimpinan tingkat pratama selaku Kadiscukcapil, tertuang dengan Nomor 471-173 Tahun 2016. Dengan beralihnya SK Kadisdukcapil Kota dan Kabupaten yang semula berasal dari Bupati atau Wali Kota, kini langsung dari Mendagri. Dengan begitu, maka urusan data kependudukan akan semakin akurat dan akan berdampak pada program pembangunan di tiap daerah.

Seperti dikatakan Plt Setda, Sumardi saat penyerahan SK yang dihadiri juga oleh seluruh Kadis dukcapil se-Provinsi Bengkulu. “Ada tujuan yang ingin dicapai oleh pemerintah saat ini, bahwa disdukcapil harus menyelesaikan program nasional seperti e-KTP dan Kartu Identitas Anak (KIA),” ucapnya. (21/3)

Dengan diberikan langsung petikan SK tersebut ke Kepala Daerah tingkat II yang ada di Provinsi Bengkulu, diharapkan semua Kabupatenda Kota mengetahui aturan yang berlaku, terutama saat akan melakukan mutasi Kadisdukcapil di daerah.

“Permendagri mulai berlaku tahun ini. Kami serahkan langsung petikan keputusan mendagri supaya Kabupaten dan Kota tahu,” terangnya.

Sementara itu, Kadisdukcapil Seluma, Hercules Jeraim usai terima SK secara simbolik, mengatakan dengan adanya regulasi baru tersebut, ia pahami bahwa tujuannya adalah semua agenda Ditjen Dukcapil Kemendagri bisa dikerjakan dengan baik dan capaiannya sesuai target.

“Kita sudah di SK-kan oleh Mendagri, kebijakan Kepala Daerah tetap kita junjung tinggi dan program pusat juga harus kita kerjakan dengan sebaik-baiknya. Dengan ini, target agenda-agenda bisa tercapai seperti e-KTP dan program lain tentunya,” ujarnya.

Hadir dalam kesempatan itu Bupati Bengkulu Tengah Ferry Ramli, Bupati Rejang Lebong Hijazi, Wakil Bupati Bengkulu Utara Arie Septiadinata, Wakil Bupati Mukomuko Haidir, Bupati Bengkulu Selatan Dirwan Mahmud, Bupati Kaur Hermen Malik, Bupati Kepahiang Hidayat, Bupati Seluma Bundra Jaya, Wakil Bupati Lebong Wawan fernandez, Pejabat dari Kota Bengkulu. (v3nkQ)