Logo

Kades Renah Semanek Minta Petani Dilatih Agrobisnis

bengkulunews.co.id – Kepala Desa (Kades) Renah Semanek, Kecamatan Karang Tinggi, Kabupaten Bengkulu Tengah, M Halis mengungkapkan para petani di desanya yang tergabung dalam kelompok tani membutuhkan pelatihan argobisnis sebagai peningkatan keterampilan.

Menurut M Halis, dirinya selaku kades sudah beberapa kali mengusulkan pelatihan dan pendampingan pada kelompok tani di desa ini. Namun Dinas Pertanian Benteng belum merealisasikan usulan itu sampai sekarang.

Padahal, lanjutnya, di Desa Renah Semanek merupakan sentral perkebunan kacang tanah dan kacang kedelai. Jika selama ini petani menanam palawija dan menjual palawija. Maka ke depan, Petani di desanya tidak lagi demikian.

“Harapan kami para petani tidak hanya menjual hasil panennya saja, namun juga dapat menjual produk olahan dari kacang tanah dan kacang kedelai,” kata Halis, beberapa waktu lalu.

“Petani yang menanam palawija maka yang mereka jual produk olahan dari palawija. Tentu saja nilai ekonomisnya bertambah dan pasti berpengaruh pada hasil yang petani dapatkan,” katanya lagi.

Dengan menrapkan teknologi dan ilmu bisnis dalam pertanian, kata Halis, maka petani mendapatkan pendapatan yang tak lagi sedikit. Sebab petani tersebut sudah banyak memiliki sumber penghasilan.

“Sehingga saya berharap hal itu dapat memacu peningkatan kesejahteraan para petani.’’Demikian, Halis. (121)