Ini Daftar Makanan yang Mengandung Parasit Cacing

KOTA BENGKULU – Beberapa waktu terakhir, media gempar memberitakan penemuan cacing pada produk ikan dalam kemasan kaleng. Hal ini sontak menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat, karena salah satu makanan siap saji itu sudah menjadi pilihan masyarakat.

Penemuan itu pun dibuktikan Badan Pengawas Obat Dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia (RI) pada Rabu (28/3/2018), terhadap sampling dan pengujian produk dalam kaleng tersebut.

Hasil sampling menyebutkan, dari 66 merek yang diuji laboratorium oleh BPOM, 27 merk positif mengandung parasit cacing dan notabene merupakan produk luar negeri (impor). 16 merk impor dan 11 merk dalam negeri.

Efel salah seorang konsumen di Pasar Minggu mengungkapkan ketakutannya. Dia dan  anak-anak takut terkena dampak parasit cacing. Karena dia sering mengkonsumsi produk ikan kaleng tersebut.

“Takut saya dan kepikiran, apalagi dikonsumsi anak kecil, karena cacing itu bahaya terus berkembang di dalam tubuh kita, sebelumnya saya suka makan ikan kaleng,” ujar Efel, Kamis (29/3/2018).

Tidak hanya Efel, warga lain Safi’i juga mencetuskan hal yang sama, dirinya berharap, produk tersebut harus segera dimusnahkan dari Bengkulu.

“Buanglah produk itu dari kota kita, kasian dengan orang-orang yang tidak mampu, yang tidak punya televisi, radio, hape, mereka pasti tidak tahu berita ini, BPOM juga harus gencar sosialisasi,” imbuh Safi’i.

Menindaklanjuti hal ini, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) telah menelurkan surat himbauan kepada seluruh Dinas yang membidangi perdagangan untuk segera melakukan koordinasi dengan instansi terkait guna melakukan penguatan pengawasan dan turun langsung ke toko maupun pasar yang menjual produk tersebut.

Disperindag dalam isi surat himbauan, juga meminta seluruh pedagang yang menjual produk makarel sebagaimana yang terlampir dalam penjelasan BPOM RI untuk menarik dan dilarang keras memperjual belikan produk tersebut.

Berikut 27 produk makarel yang positif mengandung parasit cacing berdasarkan uji lab BPOM RI;

1. ABC
2. ABT
3. AYAM BRAND
4. BOTAN
5. CIP
6. DONGWON
7. DR. Fish
8. Farmerjack
9. Fiesta Seafood
10. Gaga
11. Hoki
12. Hosen
13. IO
14. King’s Fisher
15. Jojo
16. Lsc
17. Maya
18. Nago/Nagos
19. Naraya
20. Pesca
21.Pohsung
22. Pronas
23. Ranesa
24. S&W
25. Sempio
26. TLC
27. TSC.

Baca Juga
Tinggalkan komen