Bengkulu News #KitoNian

HUT ke 64, BI Senantiasa Berada di Relung Kehidupan Masyarakat

Endang Kurnia Saputra bersama istri memotong nasi tumpeng
Endang Kurnia Saputra bersama istri memotong nasi tumpeng

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Bank Indonesia (BI) masuk diusia ke 64 tahun tepatnya tanggal 5 Juli 2017. Dengan usia itu BI bertekad untuk senantiasa berada di relung hati rakyat Indonesia.

Seperti yang dikatakan Kepala Kantor Perwakilan BI Bengkulu, Endang Kurnia Saputra, maka itu diulang tahun BI ke 64 ini mengusung tagline “Bank Indonesia di Setiap Makna Indonesia”.

“Itu artinya, kami tidak hanya mengurusi fundamental ekonomi Indonesia dari segi moneter, tapi di daerah kami juga bisa menghidupkan UMKM dan bantu pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan ekonomi jauh lebih baik,” ujarnya.

Selain itu, BI juga akan mendalami dan membangun sektor keuangan pemerintah daerah. Pastinya, tahun ini juga Bank Indonesia akan menjaga inflasi.

“Inflasi akan kita jaga, target kami inflasi tahun ini tidak lebih dari 5 persen,” terangnya.

Disinggungnya untuk inflasi Bengkulu yang dianggapnya cukup unik, Endang menargetkan 5,4 persen dan maksimal 6,4 persen.

“Inflasi Juni alhamdulilah melandai, berada di 5,4 persen. Mudah-mudahan kita pegang sampai akhir tahun kurang dari 5 persen,” ungkapnya.

Terkait UMKM daerah khususnya di Provinsi Bengkulu, BI akan kembangkan UMKM yang bergerak di Batik Besurek.

“Secara lokal kami berfokus kepada industri kreatif di batik dan kami juga akan membina petani di daerah menjadi kluster yang bisa dibina bidang padi dan ikan,” kata Endang.

Ditambahkannya, BI juga ikut mendukung program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan. Salah satunya BI membantu nelayan di Kabupaten Mukomuko yang memang dinilai miskin.

“Kami juga akan meningkatkan transaksi non tunai di Bengkulu. Saya harap BI akan tetap menjaga makro ekonomi Indonesia, kesetabilan di sistem keuangan dan bisa menciptakan sistem pembayaran Indonesia yang semakin efektif dan efisien, serta tentunya membantu membangun daerah,” tutupnya.

Baca Juga
Tinggalkan komen