Hoaks!! Bantuan Saldo Dana Rp 2 Juta dari Kemensos

Kementerian Sosial memastikan informasi bantuan saldo ke dompet digital DANA secara gratis sebesar Rp2 juta adalah hoaks. Ini dimuat dalam surat resmi yang ditujukan kepada Direktur Pengendalian Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Informasi tersebut sangat menyesatkan sehingga dapat menggiring opini yang tidak baik terhadap Kemensos,” kata Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sosial dilansir laman Kominfo.

Kemensos tidak pernah membuat pemberitahuan untuk pendaftaran bantuan sosial di luar aplikasi resmi Kemensos, seperti melalui aplikasi DANA, sebagaimana pada klaim yang beredar.

Menanggapi hal ini, Kabid Humas Polda Bengkulu Kombespol Anuardi mengingatkan masyarakat untuk tidak tergiur apabila ada sumber yang tidak dapat dipercaya menawarkan hadiah dengan syarat tertentu.

“Selalu waspada dan mengecek terlebih dahulu setiap informasi yang belum jelas kebenarannya dengan mendatangi langsung kepolisian terdekat atau melalui pesan DM akun resmi Polda Bengkulu,” terangnya, Sabtu (14/01/2023).

Sebelumnya, beredar Informasi yang menyebutkan jika Kementerian Sosial bagikan bantuan saldo ke dompet digital DANA secara gratis sebesar Rp2 juta.

Unggahan berjudul “Bantuan Saldo DANA Gratis Dari Pemerintah Cair Hingga Rp 2 Juta, Daftar Disini!” itu menyematkan logo dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Artikel itu juga menyertakan link untuk mendaftar melalui aplikasi resmi terbaru pada bulan Desember 2022.

Baca Juga
Tinggalkan komen