Logo

Hari Kemerdekaan, Semangat Membangun Daerah

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-72 berlangsung khidmat, Plt Gubernur Rohidin Mersyah bertindak sebagai Inspektur Upacara di lapangan balai raya semarak Bengkulu, Kamis (17/8/2017).

Tepat Pukul 10.01 WIB, pembacaan teks proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Ihsan Fajri, dan pembacaan doa oleh Kemenag Bengkulu.

Bertindak sebagai komandan upacara, Mayor Inf. David Suardi dan Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibaraka) HUT RI ke-72, dipimpin Oleh Komandan Pasukan Lettu Inf Rio Antomi Danyon I Kipan B Yonif 144/Jaya Yudha, dan Pembawa Baki Rury Anjelita Putri dari SMAN 5 kota Bengkulu.

Seusai upacara Plt Gubernur, Rohidin Mersyah mengingatkan, para generasi penerus saat ini dapat memahami bagaimana kemerdekaan itu menjadi modal pembangunan nasional. Pembangunan di bidang infrastruktur, pendidikan, ekonomi, sosial-budaya, politik, teknologi, dan lain sebagainya.

”Saya kira sebagai anak bangsa, kita harus betul-betul menjaga keutuhan NKRI, menjaga pancasila, menjaga Undang-Undang Dasar 1945 dan merawat Kebhinekaan Tunggal Ika,” terang Rohidin Mersyah usai upacara HUT RI ke-72, di Balai Raya Semarak Bengkulu, Kamis (17/8/2017).

Rohidin menambahkan, momentum kemerdekaan ini menjadi momen yang strategis dalam membangun Bengkulu dari ketertinggalan dan memacu kesejahteraan masyarakat.

”Timbulkan rasa semangat kebanggaan kita, bahwa kita harus turut berkontribusi dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Maka tidak ada saya kira ruang sekecil apapun untuk kita tidak mengabdi yang terbaik untuk membangun Bengkulu yang kita cintai ini,” tutup Rohidin.

Pada Peringatan HUT RI ini juga diberikan Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalencana Karya Satya dari Presiden Ir. Joko Widodo, untuk para ASN yang telah mengabdi selama 10, 20, dan 30 tahun.

Penerimanya antara lain, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Lierwan, Sekretaris Dinas Sosial Amirudin Sinyo, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Majestika, Plt BPBD Soemarno, Kabid Pengembangan Aparatur BKD Rusmayadi, Kasubbag Umum dan Perlengkapan Bappeda Tri Martini, Kasubbag Adm Wilayah Pemerintahan Biro Kesra Dedi Junaidi, Kasubbag Kepemudaan dan Olahraga Biro Kesra Fery Mulyanto, Kasi Bina Aparatur Dukcapil Febrilisnita Bertasari Pattopang.

Selain itu, Penghargaan kepada OPD berprestasi sesuai kinerja di Provinsi Bengkulu, antara lain Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Sosial, Dinas Pertanian, dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Seusai Upacara turut dihiasi beberapa penampilan ditampilkan antara lain, tim obade dari SMKN 1 Kota Bengkulu yang dipimpin dirijen Najamudin, menampilkan lagu kemerdekaan dan lagu daerah yaitu Hari Merdeka, Berkibarlah Benderaku, dan Ikan Pais, kemudian dilanjutkan penampilan Kolosal dengan judul “Perjuangan Rakyat Bengkulu”, dan terakhir Goyang Maumere yang diikuti Plt Gubernur, Kapolda, Danrem, Danlanal dan para tamu undangan.(Nico/Adv)