Gubernur Buka Simulasi Aman Bencana Bagi Siswa SMA di Mukomuko

Gubernur Buka Simulasi Aman Bencana Bagi Siswa SMA di Mukomuko

Gubernur Buka Simulasi Aman Bencana Bagi Siswa SMA di Mukomuko. MC

BENGKULU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu melaksanakan Simulasi Aman Bencana Bagi Siswa SMA Negeri 8 Kabupaten Mukomuko, Desa Air Rami Kecamatan Ipuh, Rabu (14/12).

Disampaikan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, bahwa pemahaman dan kesadaran kesiapsiagaan terhadap bencana itu penting tertanam bagi siswa. Sehingga pelaksanaan simulasi aman bencana bagi siswa SMA/SMK sederajat ini jelas sangatlah strategis.

“Jadi kita tidak tahu kapan bencana itu akan datang, sehingga kesiapan siagaan bencana sangat penting. Di samping itu kita berdo’a semoga bencana-bencana itu tidak terjadi,” jelas Gubernur Rohidin.

Wakil Bupati Mukomuko Wasri mengapresiasi dan menyambut baik terlaksananya Simulasi Aman Bencana Bagi Siswa SMA di Kabupaten Mukomuko yang dalam kesempatan ini disampaikan kepada siswa SMAN 8 Mukomuko. Menurutnya, kegiatan ini sangat tepat dilakukan, mengingat Kabupaten Mukomuko termasuk daerah yang rawan bencana, seperti gempa bumi, tanah longsor, abrasi pantai, abrasi sungai dan banjir.

“Untuk itu kami mengapresiasi kegiatan ini, karena memang masyarakat Kabupaten Mukomuko harus tahu bagaimana cara menyelamatkan diri dan bersikap apabila terjadi bencana,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, juga dilaksanakan penyerahan bantuan dari program pembangunan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu kepada masyarakat Mukomuko yang secara simbolis disampaikan kepada warga Ipuh.

Penyerahan bantuan yang termasuk dalam 18 Program Gubernur dan Wagub Bengkulu untuk masyarakat Kabupaten Mukomuko di antaranya, Bantuan Kartu Bengkuku Sejahtera (KBS) JKN KIS untuk 2.230 jiwa, Bantuan Tabung Gas Elpiji 3 Kg sebanyak 100 unit dan Bantuan Pendidikan Bengkulu Cerdas, kerjasama Pemprov Bengkulu dan Baznas Provinsi Bengkulu kepada 10 siswa.

Selanjutnya Bantuan Oksigen Konsentrator sebanyak 85 Unit, Bantuan 4 Tong Sampah dan 4 Komposer untuk sekolah SMAN 8 Mukomuko dan Bantuan Alsintan untuk Kabupaten Mukomuko, yaitu sebanyak 5 unit handtraktor dan 13 unit cultivator dan 60 unit handsparyer elektrik.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan pemberian bantuan serta dilaksanakan simulasi aman bencana oleh Pak Gubernur bersama BPBD Provinsi Bengkulu. Semoga masayarakat Mukomuko lebih tanggap terhadap bencana,” ungkap Kepala SMAN 8 Mukomuko Sarwenti Saragih.

Baca Juga
Tinggalkan komen