Logo
Dempo Xler

Festival Tabut Bengkulu Kembali Masuk di Kharisma Event Nusantara 2023

MC Pemprov Bengkulu

MC Pemprov Bengkulu

BENGKULU – Festival Tabut Bengkulu Tahun 2023 dipastikan akan berlangsung meriah. Pasalnya, sejak pandemi COVID-19 beberapa agenda Tabut dibatasi penyelenggaraannya. Festival Tabut Bengkulu sendiri kembali masuk Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yakin dengan masih ditetapkannya Festival Tabut Bengkulu menjadi event nasional berbasis budaya, maka diharapkan dapat terus naik kelas, dari semua aspek yang ada.

“Kita ingin pastikan kualitas penyelenggaraan Tabut tahun ini bisa naik kelas, kepastian tempat, waktu, materi perayaan itu sudah kita sepakati dan ini betul-betul kita bakukan untuk dipatuhi oleh semua pihak,” jelas Gubernur Rohidin saat Rapat Perdana Persiapan Perayaan Tabut 2023, Senin (10/4/2023).

Gubernur Rohidin dalam kesempatan ini juga menginginkan agar seluruh anggota Kerukunan Keluarga Tabut (KKT) Bencoolen sebagai pewaris juga pengelola, dapat saling menguatkan untuk mensukseskan Tabut 2023.

Tak kalah penting tambah Gubernur, Tabut 2023 pihak masyarakat pelaku usaha juga ikut terlibat, juga provinsi tetangga dan negara-negara jazirah Arab.

“Kita juga akan melibatkan provinsi tetangga, negara-negara yang berhubungan dengan Tabut, sehingga nanti ada kolaborasi dan sinkronisasi,” terang Gubernur Rohidin.

Sementara itu Ketua KKT Bencoolen Syafril menuturkan bahwa KKT Bencoolen siap untuk berkolaborasi dan bersinergi untuk menyukseskan Festival Tabut Bengkulu 2023. Penyelenggaraan Tabut sendiri dilaksanakan selama 10 hari, mulai dari 1 hingga 10 Muharram setiap tahunnya.