Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Festival Batik Besurek Kota Bengkulu, Meriah

Festival Batik Besurek menjadi pembuka rangkaian acara HUT Bengkulu ke-304, Kamis (9/03/2023). Acara yang dimulai sejak pukul 06.30 WIB disambut dengan semangat para peserta yang sangat meriah dengan kostum-kostum maskot mereka yang sangat indah.

Acara ini dibuka dan dilepas langsung oleh wakil walikota Deddy Wahyudi. Dalam sambutannya ia mengatakan tujuan adanya festival ini untuk menanamkan rasa cinta budaya asli Bengkulu.

“Tujuan pawai batik ini agar kita semua semakin cinta dengan batik besurek. Dimana ini adalah betul-betul budaya khas milik kita. Dan sebagai ajang kita mempromosikan batik besurek,” kata Dedy.

Antusiasme yang tinggi ini bisa terlihat dari setiap sekolah yang berasal dari tingkat TK, SD, SMP dan juga umum/OPD yang mengirimkan perwakilan mereka. Setiap yang diundang pada acara ini minimal mengirimkan pesertanya sebanyak 20 orang dengan 1 ikon maskot mereka. Tetapi banyak dari mereka mengirimkan lebih dari 20 orang.

Salah satunya adalah SD Negeri 2 Kota Bengkulu. Eka oktanti kartini yang merupakan kepala sekolah SD Negeri 2 menuturkan mereka membawa sebanyak 9 Ikon dan peserta yang menjadi pengiring juga lebih dari 20.

“Iya kita hari ini membawa sebanyak 9 ikon yang sebenarnya dari peraturan minimal 1 ikon, hal ini karena antusiasme siswa yang besar dan mereka sangat senang dengan adanya acara ini. Hal ini juga berjalan karena dukungan paguyuban orang tua siswa,” jelas Eka.

Pada festival batik besurek hari ini, Dinas Koperasi dan UKM Kota Bengkulu menghadirkan 3 orang juri profesinal untuk menilai setiap peserta. Mereka juga menyiapkan hadiah uang pembinaan dengan jumlah sebesar Rp 12 juta kepada peserta.

Kriteria penilaian festival hari ini, juri akan melihat dari segi kekompakan, kesesuaian design kostum, kesesuaian warna kostum, corak, tema yang diangkat dan penampilan atribut dari maskot.

Baca Juga
Tinggalkan komen