Logo

Enam Calon Kades di Kabupaten Ini Batal Dilantik

Sekda, Setdakab Seluma, Irihadi

SELUMA, bengkulunews.co.id – Sekretaris Daerah (Sekda), Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Seluma, Irihadi mengatakan, pelantikan enam calon kepala desa (kades) di wilayah Seluma, tertunda. Meskipun demikian, 54 kades lainnya segera dilantik.

”Saat ini telah diinvetarisir beberapa pilkades masih dianggap bermasalah. Munculnya gugatan yang dilayangkan oleh Cakades kepada panitia, PMD dan Bupati, serta mengadukan peroalannya ke dewan,” kata Irihadi, Selasa (1/8/2017).

Ia mengatakan, panitia pilkades tingkat kabupaten, sedang mempelajari gugatan tersebut. Jika sifatnya prinsif, kata dia, maka akan diambil tindakan. Seperti, pengitungan ulang hingga pemungutan ulang.

Ia menyebut, beberapa pilkades dianggap bermasalah karena dugaan kesalahan perhitungan suara, terjadi di pilkades Pandan dan Serian Bandung, Kecamatan Seluma Utara.

Lalu, di Desa Rimbo Besar (Semidang Alas Maras), Desa Sakian (Lubuk Sandi), Padang Merbau (Seluma Selatan) serta dugaan politik uang di Desa Kemang Manis (Semidang Alas).

”Berharap agar semua Cakades dapat menerima dengan lapang dada, perolehan suaranya dan tidak melayangkan gugatan lagi,” tutup Irihadi.