Dua Bulan, 18 Orang Positif DBD

Sekretaris Dinkes Lebong, Rachman

LEBONG – Tempo dua bulan, Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong mencatat 18 orang warga Lebong positif menderita DBD. Jumlah ini diperkirakan meningkat sebelum April mendatang.

Sekretaris Dinkes Lebong, Rachman mengatakan, sakit DBD di awal tahun disebabkan oleh masuknya musim hujan yang terjadi pada November hingga Maret.

“kalau berpacu pada tahun kemarin-kemarin, memang mulai dari akhir tahun sampai Maret di awal tahun meningkat. awal April mulai turun,” Sampainya (28/02/2018).

Untuk menghindarinya, terang Rachman, masyarakat diwajibkan menjalankan kegiatan menguras, menutup, dan mengubur (3M) sampah di sekitar tempat tinggal. Pasalnya, fogging yang biasa dilakukan hanya sementara dan tidak mampu sampai membunuh nyamuk aedes aeygpti hingga kejentiknya.

“Kalau ada yang positif terkena DBD baru lah kami lakukan fogging, tapi itu hanya bisa membunuh induknya saja,” kata Rachman

Diketahui dari 18 pasien DBD di bulan Januari-Maret tahun 2018 belum ada yang meninggal dan rata-rata riwayat pasien, sebelum sakit pernah berpergian keluar kabupaten Lebong.

Baca Juga
Tinggalkan komen